Tambahan 11 kasus tersebut berawal dari kontak dengan orang terkonfirmasi positif sebelumnya
Batusangkar (ANTARA) - Jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, tembus angka 86 orang pada Minggu sehingga pemerintah setempat meminta masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Terdapat penambahan 11 kasus pada hari ini sehingga jumlahnya bertambah dari sebelumnya 75 orang menjadi 86 orang," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Tanah Datar Roza Mardiah di Batusangkar, Minggu.

Ia mengatakan tambahan 11 orang tersebut adalah laki-laki 25 tahun warga Padang Ganting, laki-laki 24 tahun warga Lima Kaum, wanita 56 tahun warga Pariangan, wanita 15 tahun warga Pariangan.

Baca juga: Tanah Datar lakukan rapid test orang kontak dengan pasien COVID-19

Wanita 15 tahun warga Pariangan, wanita 45 tahun warga Lima Kaum, wanita 45 tahun warga Lima Kaum, laki-laki 35 tahun warga Ombilin, wanita 35 tahun warga Ombilin, dan wanita 25 tahun warga Rambatan seorang guru swasta.

"Tambahan 11 kasus tersebut berawal dari kontak dengan orang terkonfirmasi positif sebelumnya," katanya.

Ia menjelaskan informasi awal penambahan kasus COVID-19 hari ini dari Provinsi Sumatera Barat berjumlah 13 orang, namun setelah dicek ternyata ada tiga orang sudah terdata positif sebelumnya dan dilakukan uji swab lagi dan masih positif.

Baca juga: Kontak pasien positif COVID-19, 48 warga Tanah Datar dikarantina

Baca juga: Wabup Tanah Datar umumkan seorang warganya positif COVID-19


"Kemudian kita dapat informasi ada lagi satu warga Tanah Datar yang diswab di Kabupaten Limapuluh Kota hasilnya juga positif, sehingga total penambahan kasus 11 orang untuk hari ini," katanya.

Sementara data rekapan gugus tugas setempat hingga Minggu ini saspek 12 orang, konfirmasi positif 86 orang, satu orang dirawat di RSAM Bukittinggi, sembilan orang di RSUP M. Djamil, dua orang di RS Rasidin, satu orang di BKPSDM Padang.

Empat orang di RSUD Padang Panjang, 24 di karantina PPSDM Baso dan 30 orang isolasi mandiri, 13 orang sembuh, dua orang meninggal dan pelaku perjalanan 155 orang.

Baca juga: Usai diobservasi di Natuna, mahasiswi Tanah Datar tiba di Batusangkar

Baca juga: Sembilan guru di Payakumbuh dinyatakan positif terjangkit COVID-19




 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020