Jakarta (ANTARA) - Wisatawan yang mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarra Timur selama libur Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah dan akhir pekan sekitar 39.500 orang.

"Pada Kamis (20/8) hampir mencapai 9 ribuan. Kemudian pada Jumat (21/8) sekitar 7.000 ribuan, Sabtu (22/8) sekitar 8.500-an dan hari ini 15 ribuan pengunjung," kata Kepala Humas Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Sahda Silalahi di Jakarta, Ahad malam.

Bila melihat dari jumlah pengujung dalam empat hari terakhir, kata Sahda, puncak kedatangan pengunjung di TMII berlangsung pada Ahad.

Sahda mengatakan akhir pekan menjadi puncak dari kehadiran wisatawan di TMII. Situasi itu tampak dari keramaian pengunjung sejak pagi hingga siang.

"Puncak pengunjung diprediksi hari ini. Dari pagi tadi sudah terlihat ramainya pengunjung, terutama para pesepeda," katanya.

Baca juga: Komunitas pesepeda antusias sambut pembukaan TMII
Baca juga: 115 wahana TMII disemprot disinfektan oleh tim damkar
Wisatawan bersantai bersama keluarga di salah safu wahana Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada libur Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah, Kamis (20/8/2020). (ANTARA/HO-Humas TMII)


Bila dilihat dari karakteristik wisatawan, lebih didominasi oleh komunitas. "Pagi ini sudah ramai dengan pengunjung yang sepedaan dan Minggu Ria, dengan wisata kuliner dan pakaian khas Indonesia," katanya.

Pelayanan terhadap wisatawan pada libur panjang ini tetap mengedepankan protokol kesehatan mengingat pandemi COVID-19 masih tinggi di Jakarta.

"Kapasitas tempat tetap kita batasi 50 persen, jaga jarak, wajib bermasker, cuci tangan dan sosialisasi bahaya COVID-19," katanya.
Baca juga: Pengunjung TMII belum ramai

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020