Jakarta (ANTARA) - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyetujui rencana Pengembangan Lapangan (Plan of Development – POD) Paus Biru di Wilayah Kerja (WK) Sampang, Jawa Timur.

Berdasarkan POD tersebut, Kontraktor Kontrak Kerja Sama WK Sampang, Medco Energy Sampang Pty Ltd,  akan melakukan investasi sebesar 80 juta dolar AS.

Baca juga: Kepala SKK Migas prediksi produksi LNG Abadi mulai 2027

Berdasarkan informasi yang dihimpun Antara di Jakarta, Senin, Investasi akan digunakan untuk melakukan kegiatan pemboran satu sumur pengembangan, membangun wellhead platform (WHP), membangun subsea pipeline, dan memodifikasi fasilitas eksisting WHP Oyong dan Offshore Production Facilities (OPF) Grati.

Fluida dari sumur akan dialirkan dari WHP di Lapangan Paus Biru ke eksisting WHP di Lapangan Oyong melalui pipa bawah laut. Selanjutnya fluida dialirkan melalui pipa bawah laut eksisting menuju ke OPF Grati eksisting untuk dipisahkan fasa cair dan gas. Air yang ikut terproduksi akan diolah sesuai baku mutu sebelum dialirkan ke laut, sedangkan gas yang telah sesuai spesifikasi akan dijual ke para pembeli.

Baca juga: SKK Migas harapkan pengembangan lapangan migas semakin bergairah

Dari kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan Lapangan Paus Biru dapat memulai kegiatan produksi pada 2022, dengan volume gas sekitar 31 juta kaki kubik per hari (MMscfd). Berdasarkan analisa keteknikan, produksi tersebut dapat dipertahankan hingga batas akhir kontrak kerja sama yaitu di tahun 2027. Rencananya gas yang diproduksikan akan digunakan untuk sumber energi pembangkit Grati.

Blok Sampang terletak di Selat Madura, Jawa Timur. Selama beroperasi, wilayah kerja tersebut telah beberapa kali berganti operator, diawali dari Santos kemudian berpindah ke Ophir pada tahun 2018 dan berpindah lagi ke Medco pada tahun 2019.

Baca juga: SKK Migas tindaklanjuti lapangan migas Singkawang Barat

 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020