Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang mencatat jumlah kasus COVID-19 di ibu kota Kepulauan Riau mulai landai dalam tiga hari terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Rustam, di Tanjungpinang, Kamis, mengatakan jumlah pasien positif COVID-19 tidak bertambah sejak tiga hari lalu sampai sekarang.

Pasien yang sembuh dalam dua hari ini juga tidak ada.

"Kami imbau masyarakat untuk menaati protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Puluhan pasien COVID-19 di Tanjungpinang dinyatakan sembuh

Baca juga: Ada wifi gratis, pelajar Tanjungpinang belajar daring di warung kopi


Jumlah kasus aktif saat ini sebanyak 26 orang. Sebanyak tujuh pasien masih dirawat di rumah sakit, 10 orang menjalani karantina terpadu dan sembilan orang menjalani isolasi mandiri.

"Saat ini kondisi pasien baik, dalam pengawasan dan perawatan tim medis. Mudah-mudahan segera sembuh," katanya.

Rustam menjelaskan total jumlah pasien COVID-19 di Tanjungpinang mencapai 149 orang, dan sebanyak 119 orang di antaranya dinyatakan sudah sembuh. Kasus aktif COVID-19 tersisa 26 orang, sedangkan pasien yang meninggal dunia empat orang.

Dari 149 orang pasien COVID-19 tersebut 47 orang di antaranya memiliki gejala COVID-19, dan 102 orang tidak memiliki gejala.

"Dari 149 orang pasien tersebut, sebanyak 56 orang tertular dari daerah lain, sementara 87 orang melakukan kontak erat dengan pasien positif COVID-19, sedangkan yang tidak memiliki riwayat perjalanan dan tidak melakukan kontak erat sebanyak enam orang," tuturnya.

Jumlah pasien COVID-19 meningkat drastis sejak awal Agustus 2020. Penambahan jumlah pasien COVID-19 itu disebabkan muncul kluster baru dengan jumlah pasien yang cukup banyak.

"Ada penambahan lebih dari 100 orang sejak awal Agustus 2020," katanya.*

Baca juga: Pasien COVID-19 di Tanjungpinang bertambah lima orang

Baca juga: Seorang pengusaha di Tanjungpinang tertular COVID-19

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020