Puskesmas Kelapa Gading uji swab 10 anggota keluarga Novel Baswedan

id Novel Baswedan,Jakarta Utara,COVID-19

Ilustrasi virus Corona. (ANTARA/HO/20)

Jakarta (ANTARA) - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara melakukan uji usap (swab) untuk melakukan penelusuran atau active case finding (ACF) terhadap 10 keluarga Novel Baswedan.

"Penanganan awal kami lakukan penelusuran keluarga dan orang yang pernah kontak erat dengan pasien," kata Kepala Puskesmas Kelapa Gading, dr Diah Anggraeni di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Damkar Jakut semprot disinfektan lingkungan rumah Novel Baswedan

Diah menjelaskan sampel tes swab telah dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi DKI Jakarta. Hasil tes akan diberitahu kepada setiap peserta tes tanpa perantara orang lain.

Selain itu, petugas akan memantau kesehatan pasien, keluarga, dan orang yang pernah kontak erat dengan Novel Baswedan sesuai standar operasional prosedur (SOP) penanganan COVID-19 bagi warga Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: Gedung KPK ditutup 3 hari mulai Senin pekan depan

"Iya (benar positif COVID-19), Alhamdulillah saya merasa sehat," kata Novel saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Menurut Novel, ia sempat demam dan batuk lalu menjalani tes "swab", namun saat ini kondisinya stabil dan akan menjalani isolasi mandiri.

Pemerintah Kota Jakarta Utara telah menyemprot cairan disinfektan di lingkungan rumah penyidik KPK Novel Baswedan.

Baca juga: KPK sebut beberapa pegawai Kedeputian Penindakan akan bekerja sif

“Sekali penyemprotan sudah cukup untuk saat ini,” kata Camat Kelapa Gading Harmawan.

Harmawan menjelaskan penyemprotan dilakukan di Masjid Al-Ikhlas dan sekitar rumah Novel di RT 003 RW 010, Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Penyemprotan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19).
 

Pewarta : Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar