Ketua Umum PSSI minta timnas U-19 tak hiraukan isu naturalisasi pemain

id pssi,pemain naturalisasi,timnas u19,shin taeyong,mochamad iriawan

Ketua Umum PSSI minta timnas U-19 tak hiraukan isu naturalisasi pemain

Pesepak bola Timnas U-19 berlatih di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Jumat (28/8/2020). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras. (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meminta para pemain tim nasional U-19 untuk tidak menghiraukan isu naturalisasi pesepak bola asing.

"Jangan hiraukan berita-berita itu. Mereka (pemain asing) itu milik klub dan tidak ada yang berangkat TC ke Kroasia. Yang berangkat adalah kalian," ujar Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Sabtu.

Mochamad Iriawan mengatakan hal itu ketika melepas timnas U-19 ke Kroasia untuk menjalani pemusatan latihan (TC) dan mengikuti beberapa pertandingan uji coba di Jakarta, Sabtu (29/8) sore.

Baca juga: Menpora tegaskan dukung penuh PSSI terkait timnas U-19

Kabar soal rencana naturalisasi pemain asing untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021, muncul sekitar satu minggu terakhir setelah tiga klub Liga 1 yaitu Arema, Persija dan Madura United mendatangkan pemain-pemain remaja berusia di bawah 20 tahun dari Brazil.

PSSI sebelumnya telah menyatakan tidak terkait dengan kehadiran para pemain asing tersebut.

Dalam pernyataan di laman resminya, Kamis (20/8), yang disampaikan Indra Sjafri selaku direktur teknik, PSSI menyatakan bahwa kebijakan untuk menghadirkan pemain-pemain muda Brazil itu menjadi keputusan klub dan tidak ada hubungannya dengan PSSI atau pun tim nasional.

"Pak Indra Sjafri sudah menyampaikan bahwa itu murni program dari klub. Jadi saya meminta kalian untuk fokus dan konsentrasi mempersiapkan diri di Kroasia. Itu pesan saya kepada kalian semua," tutur Iriawan di hadapan para pemain timnas U-19.

Baca juga: Shin Tae-yong coret dua pemain timnas U-19 sesaat sebelum ke Kroasia

Sebanyak 28 pemain dan 15 ofisial timnas U-19, termasuk manajer pelatih timnas Shin Tae-yong, berangkat ke Kroasia pada Sabtu (29/8) malam.

Di sana, mereka melakoni TC dan dijadwalkan mengikuti turnamen persahabatan internasional U-19 pada 2-8 September 2020. Selain Indonesia dan Kroasia, kompetisi itu diikuti oleh Bulgaria dan Arab Saudi.

TC itu digelar sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Namun, berdasarkan kabar terkini, ada kemungkinan turnamen tersebut ditunda oleh AFC karena pandemi COVID-19.

Setelah Piala Asia U-19, timnas U-19 akan ditempa untuk berlaga di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.

Baca juga: Tiga negara Eropa jadi opsi TC lanjutan jika Piala Asia U-19 batal
Baca juga: Pemerintah minta timnas U-19 kerja keras selama di Kroasia
Baca juga: AFC pertimbangkan tunda Piala Asia U-16 dan U-19

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar