Polisi bekuk pelaku pencurian barang jamaah di sejumlah masjid

id berita padang,berita sumbar,pencuri,masjid

Pelaku usai ditangkap oleh petugas kepolisian pada Sabtu (29/8) malam. (antarasumbar/Istimewa)

Padang (ANTARA) - Personil polisi dari Kepolisian Sektor (Polsek) Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat, membekuk EN (38), pelaku kasus dugaan pencurian yang kerap menyasar barang jamaah yang sedang shalat di sejumlah Masjid di Kota Padang.

"Aksi pelaku mengambil tas korban terekam CCTV, sehingga berbekal rekaman itu kami langsung melakukan penyelidikan," kata Kapolsek Padang Selatan AKP Ridwan di Padang, Senin.

Setelah melakukan penyelidikan lebih lanjut, katanya, akhirnya polisi membekuk pelaku pada Sabtu (29/8) malam.

Penangkapan dilakukan di kediamannya di Jalan Air Camar, nomor 13, RT 01, RW 08, Kelurahan Ganting Parak Gadang, Kecamatan Padang Selatan.

Baca juga: Pencuri kotak amal masjid di Jaksel akhirnya ditangkap

Pelaku ditangkap berdasarkan Laporan Polisi nomor :LP/138/B/VIII /2020/Sektor Padang Selatan tertanggal 23 Agustus 2020 atas pencurian kamera Gopro senilai Rp6 juta.

Pencurian dilakukan di Masjid Raya Pasa Gadang, Jalan Pasar Gadang, kawasan Padang Selatan.

"Saat itu pelaku mengambil tas korban yang sedang beribadah, di dalamnya ada kamera," katanya.

Modus yang digunakannya adalah datang ke masjid, kemudian melihat korban yang sedang melaksanakan shalat, lalu mengambil barangnya.

Baca juga: Polisi menangkap kakak beradik pencuri kotak amal masjid di Garut

Usai ditangkap, EN langsung diperiksa di kantor Polsek Padang Selatan dan ditetapkan sebagai tersangka dengan pasal 362 KUHPidana.

Dari pemeriksaan polisi juga terungkap bahwa tersangka tidak hanya beraksi pada satu masjid, tapi juga melakukan masjid lainnya.

Yakni Masjid Lampu Merah Anduring Kecamatan Kuranji (tas berisikan Cas Laptop), Masjid Politeknik Unand Kecamatan Pauh (tas, buku, dan dompet), Masjid di kawasan Padang Baru, Kecamatan Padang Barat (tas berisi gawai dan laptop).

Kemudian Masjid tepi banjir kanal Kecamatan Padang Timur (tas berisi gawai), Masjid di belakang MAN 2 Gunung Panggilun (tas berisi buku), Masjid Kampus UNP (tas berisi laptop), dan Masjid di kawasan Tunggul Hitam (tas berisi buku dan baju).

"Kasus ini akan terus kami dalami dan kembangkan," tegas Ridwan.

Baca juga: Pencuri di beberapa tempat ibadah diringkus polisi

Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar