Irjen Pol Rudolf Nahak resmi jabat Kapolda Kaltim

id Herry rudolf nahak,Kapolda kaltim,mutasi kapolda,kapolri

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kanan) mengucapkan selamat kepada para perwira tinggi Polri yang serah terima jabatan di Ruang Rapat Utama, Mabes Polri, Jakarta, Senin (31/8/2020). Acara serah terima jabatan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19. (ANTARA/ HO-Polri)

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis resmi melantik Irjen Pol Herry Rudolf Nahak menjadi Kapolda Kalimantan Timur.

Pelantikan Herry dalam jabatan barunya itu dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan 16 perwira tinggi Polri lainnya di Aula Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jakarta, Senin.

Herry Rudolf Nahak menggantikan posisi Irjen Pol Muktiono yang diangkat menjadi Kepala Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Sementara posisi lama Herry yakni Asisten Operasi Kapolri diisi oleh Brigadir Jenderal Imam Sugianto.

Baca juga: Pengamat: Mutasi para Kapolda sesuai karakter wilayah dan prestasi

Baca juga: Kapolri lantik delapan Kapolda baru dalam sertijab hari ini


"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat Kepolisian negara akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan menaati segala peraturan perundangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya," ucap Herry beserta 16 pejabat lainnya mengikuti Kapolri Idham Azis yang membacakan sumpah jabatan.

Herry yang merupakan lulusan terbaik Akademi Kepolisian angkatan tahun 1990 dan berpengalaman dalam bidang reserse.

Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Asisten Operasi Kapolri. Pria asal Atambua, Nusa Tenggara Timur, itu lahir 13 Agustus 1968.

Sebelumnya Herry pernah menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri pada tahun 2017.

Kemudian pada 2019, dia menjabat Kapolda Papua Barat. Selanjutnya di tahun yang sama, Herry dipercaya Kapolri Idham Azis sebagai Asisten Operasi Kapolri.

Serah terima jabatan sejumlah perwira tinggi Polri pada Senin sesuai mutasi jabatan yang tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2247/VIII/KEP./2020 dan ST/2248/VIII/KEP./2020 tertanggal 3 Agustus 2020.

Beberapa pati Polri yang dilantik hari ini antara lain Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri Irjen Pol Bambang Kristiyono resmi menjabat sebagai Kapolda Kaltara.

Lalu Irjen Pol R. Z. Panca Putra resmi menjabat sebagai Kapolda Sulut menggantikan Irjen Pol Royke Lumowa yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri.

Jabatan Panca selaku Widyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri digantikan oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe.

Sementara posisi Kapolda Sulsel dijabat oleh Irjen Pol Merdisyam yang sebelumnya merupakan Kapolda Sultra.

Kemudian Wakapolda Sultra Brigjen Pol Yan Sultra Indrajaya akan menggantikan Merdisyam sebagai Kapolda Sultra.

Berikutnya Kapolda Sulteng resmi diemban oleh Brigjen Pol Abdul Rakhman Baso yang sebelumnya merupakan Wadankorbrimob Polri.

Selanjutnya posisi Kapolda NTT resmi dijabat oleh Irjen Pol Lotharia Latif. Lotharia sebelumnya menjabat sebagai Kakorpolairud Baharkam.

Lalu Kapolda Gorontalo resmi diduduki oleh Brigjen Pol Akhmad Wiyagus yang sebelumnya menjadi Wakapolda Jabar.

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar