“Ini kunci sebelum vaksin, pemakaian masker ini penting,” kata Presiden.
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pentingnya masyarakat untuk selalu menggunakan masker karena tindakan pencegahan itu menjadi kunci pengendalian pandemi COVID-19 sebelum ada vaksinasi.

Dalam pengarahan kepada para gubernur secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, Presiden Jokowi meminta agar pentingnya penggunaan masker disampaikan terus menerus kepada masyarakat, termasuk protokol kesehatan mencuci tangan dengan sabun, berjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

“Ini kunci sebelum vaksin, pemakaian masker ini penting,” kata Presiden.

Presiden juga meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan pengawasan dalam penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Sanksi terhadap pelanggar protokol kesehatan harus diterapkan.

Baca juga: Presiden Jokowi bagikan masker dan sembako kepada warga Kulon Progo
Baca juga: Satgas COVID-19: Pejabat publik harus konsisten gunakan masker


Presiden sebelumnya sudah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disipilin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 yang mengatur sanski terhadap pelanggar protokol kesehatan.

“Sehingga kedisiplinan nasional kita dalam mengikuti protokol kesehatan betul-betul dikerjakan oleh masyarakat kita,” ujar dia.

Presiden juga meminta dilakukannya pembagian masker hingga ke tingkat desa, RW dan RT untuk membantu masyarakat mencegah penularan COVID-19.

"Saya minta gubernur memainkan gas dan rem memainkan takaran dan data yang dimiliki," ujar Presiden.

Baca juga: Wakapolri: Selalu gunakan masker sebagai budaya baru
Baca juga: Tiga aspek diterapkan agar masyarakat disiplin gunakan masker


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020