Kapolri: Polwan dan polisi laki setara dalam berkarier di Polri

id Hari jadi ke 72 polwan,Fitri idham azis,Gatot eddy pramono,polwan

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (kedua kiri), Ibu Asuh Polwan Fitri Idham Azis (tengah) serta para polwan berprestasi saat sesi foto di acara Hari Jadi Ke-72 Polwan RI, di Aula Rupatama Mabez Polri, Jakarta, Selasa (1/9/2020). (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menuturkan bahwa sejumlah jabatan strategis, baik di Mabes Polri, Polda, Polres maupun Polsek saat ini telah banyak diisi oleh para polwan.

Dengan demikian antara polwan dan polisi laki-laki sudah setara dalam meraih kesempatan untuk menduduki jabatan strategis di Polri dengan mengacu pada penilaian kinerja dan kompetensi.

"Di lingkungan institusi Polri, saya tegaskan bahwa posisi polwan setara dengan polisi laki-laki. Semuanya punya kesempatan yang sama untuk menduduki jabatan-jabatan strategis tertentu dengan tetap mengacu pada penilaian kerja dan kompetensi yang berlaku," tutur Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono membacakan sambutan dari Kapolri Idham Azis, di Aula Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa.

Saat ini jumlah polwan di Indonesia tercatat ada 24.506 personel yang terdiri dari tiga perwira tinggi, 1.567 perwira menengah, 355 perwira pertama dan 19.581 bintara.

Kapolri meminta para polwan untuk bekerja lebih baik lagi dan menunjukkan prestasi mereka.

Baca juga: Hari Jadi ke 72 Polwan, Kapolri minta polwan terus berkarya

Baca juga: Briptu Sheren Septiana, Polwan berprestasi internasional


Pihaknya pun mengajak para polwan untuk terus berkarya dan menjalankan peran sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

"Selaku pimpinan Polri, saya mengucapkan Selamat Hari Jadi Ke-72 kepada seluruh polisi wanita RI di mana pun bertugas. Teriring doa, semoga polwan RI dapat terus berkarya dan menunjukkan eksistensi-nya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," tuturnya.

Komjen Gatot menyampaikan bahwa Kapolri mengucapkan terima kasih kepada para polwan atas dedikasi, kontribusi, prestasi dan pengabdian kepada masyarakat dan NKRI selama 72 tahun.

Pihaknya mengajak para polwan untuk menjadikan peringatan Hari Jadi Polwan tahun ini sebagai momentum untuk memperkuat soliditas dan meningkatkan kinerja di tengah pandemik COVID-19.

Dalam puncak peringatan Hari Jadi Ke-72 Polwan, Kapolri Idham memberikan penghargaan kepada 24 polwan berprestasi di antaranya untuk kategori polwan berprestasi dalam negeri, tim pemulasaran jenazah wanita COVID-19 dan polwan berprestasi di luar negeri.

Acara tersebut dihadiri Ibu Asuh Polwan Fitri Idham Azis, Kepala Baharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Inspektur Pengawasan Umum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto dan mantan Wakil Ketua KPK Irjen (Purn) Basaria Panjaitan.

Pelaksanaan rangkaian Hari Jadi Ke-72 Polwan ini telah dilaksanakan secara bertahap mulai dari 4 Agustus 2020 hingga 28 Agustus 2020 dan puncak peringatan di Mabes Polri pada Selasa.

Baca juga: Polwan Aceh dapat tugas ke Afrika Tengah

Baca juga: Kapolri promosikan 18 Polwan untuk tempati jabatan strategis

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar