Batam (ANTARA) - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Kepulauan Riau dalam Pilkada 2020, Isdianto dan Suryani (Insani) menjanjikan penyelarasan pembangunan di seluruh wilayah provinsi kepulauan itu.

"Kami fokus pada penyelarasan pembangunan semua bidang di seluruh kabupaten kota," kata Isdianto dalam deklarasi Insani di Batam, Kamis.

Ia menyatakan pembangunan harus dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan dan selaras antara perencanaan pemerintah provinsi dan kabupaten kota.

Baca juga: Isdianto-Suryani deklarasi maju Pilkada Kepri 2020

Apabila pembangunan tidak selaras antara pemerintah provinsi dengan kabupaten kota, maka dikhawatirkan tidak memberikan pada masyarakat.

"Saya mau semua kabupaten kota bersinergi," kata dia.

Misalnya saja pada pemberian bantuan kepada nelayan. Apa yang diberikan pemerintah provinsi dan kabupaten kota agar sejalan. Agar tujuannya menyejahterakan masyarakat pesisir tercapai.

Fokus kedua, yaitu pembenahan ekonomi secara sungguh-sungguh menggunakan semua instrumen dan sumber daya yang dimiliki.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan rencana untuk menggratiskan biaya SMA dan SMK yang berada di bawah pemerintah provinsi.

Menurut dia, dibutuhkan data sekitar Rp374 miliar dalam setahun, untuk menggratiskan biaya SMA dan SMK.

"Ini bukan angka kecil. Masyarakat harap bersabar, doakan kami sehat agar bisa menggali sumber pendapatan," kata dia.

Baca juga: Ikut Pilkada Serentak, Gubernur Kepri mulai cuti 26 September 2020

Dia menyampaikan tekadnya, agar seluruh anak di Kepri, hingga anak-anak di pulau-pulau penyangga, harus bisa bersekolah.

"Jika ada anak pulau tidak mampu sekolah, jika punya semangat tinggi, akan diberikan beasiswa. Saya mau anak Kepri bisa berkontribusi di kampung halamannya," kata dia.

Di tempat yang sama, bakal calon wakil gubernur Suryani menyatakan, Kepri adalah rumah bersama, karenanya harus dirawat dan dilestarikan untuk generasi penerus.

"Visi kami sama, bagaimana perempuan Kepri menjadi mitra bagi lelaki dan berperan aktif bagi pembangunan di Kepri. Perempan harus maju tanpa melupakan fitrahnya," kata dia yang masih menjabat sebagai anggota DPRD Kepri itu.

Isdianto-Suryani maju dalam Pilkada Kepri diusung tiga partai, yaitu Partai Hanura, PKS dan Partai Demokrat.

Baca juga: PKS-Hanura usung Isdianto-Suryani pada Pilkada Kepri 2020

Baca juga: Golkar-NasDem usung Ansar-Marlin pada Pilkada Kepri 2020

Baca juga: PDIP resmi rekomendasikan Soerya-Iman untuk Pilgub Kepri 2020

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020