Wali kota serahkan delapan kendaraan BTN ke Baitul Mal Banda Aceh

id BTN Syariah,Baitul Mal,BTN Tbk,Pemkot Banda Aceh,Kota Banda Aceh

Wali kota serahkan delapan kendaraan BTN ke Baitul Mal Banda Aceh

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman (kedua kanan) menerima secara simbolis kunci mobil dari Pimpinan BTN Syariah Cabang Banda Aceh Munawar Solihin di Balai Kota Banda Aceh, Jumat (4/9/2020). ANTARA/M Ifdal

Banda Aceh (ANTARA) - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menyerahkan bantuan delapan unit kendaraan bermotor untuk operasional, di antaranya satu mobil dan tujuh sepeda motor dari Bank Tabungan Negara (BTN) ke Baitul Mal setempat di halaman Balai Kota Banda Aceh, Jumat.

"Ini, sesuatu yang baru bagi Baitul Mal. Dulu, kalau perlu apa-apa tetap beli dengan APBK," kata Aminullah setelah menandatangani dokumen nota kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Kota Banda Aceh dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Selain Pimpinan BTN Syariah Cabang Banda Aceh Munawar Solihin dan jajarannya, acara tersebut juga dihadiri Kepala Baitul Mal Asqalani, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bachtiar, dan pejabat terkait dengan tetap mengenakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Baca juga: Baitul Mal Aceh salurkan dana pemberdayaan ekonomi masyarakat

Wali kota mengapresiasi bantuan tersebut, khusus kepada pimpinan cabang dan jajaran BTN Banda Aceh akibat telah menjembatani komunikasi pihaknya dengan direksi BTN, sehingga kerja sama tersebut bisa terealisasi.

"Ini inovasi baru. Sangat besar nilai dan harganya tanpa mengeluarkan APBK, dapat menunjang operasional Baitul Mal yang menjadi salah satu solusi dalam pengentasan kemiskinan dan pengangguran di Banda Aceh," ucap Aminullah.

Ia pun berharap, dengan tambahan kendaraan operasional ini, maka Baitul Mal Banda Aceh dapat terus meningkatkan kinerja. "Sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa meningkatkan penerimaan ZIS (Zakat, Infak, dan Sedekah) ke depan," katanya.

"Semakin banyak zakat yang terhimpun, maka semakin banyak warga kurang mampu yang bisa kita bantu," ujar Wali Kota Aminullah.

Baca juga: Cegah COVID-19, bayar zakat di Baitul Mal Banda Aceh bisa daring

Pimpinan BTN Syariah Cabang Banda Aceh, Munawar Solihin, mengatakan, penyerahan kendaraan operasional bagi Baitul Mal tersebut merupakan Program Pengembangan Operasional (PPO), dan menjadi salah satu produk andalan BTN Syariah untuk memfasilitasi berbagai keperluan operasional.

Sebagai bank milik pemerintah, katanya, BTN Syariah berkomitmen untuk senantiasa mendukung program pemerintah dalam menggerakkan perekonomian di Provinsi Aceh, khususnya Banda Aceh.

"Dengan adanya kerja sama ini semoga dapat menguatkan peran BTN dalam menghimpun dan menyalurkan dana nasabah, serta memperkuat sendi-sendi perekonomian terutama di Kota Banda Aceh agar lebih berkualitas dan berdaya saing," tutur dia.

"Pada hari ini, kami melalui pak wali menyerahkan manfaat dari PPO berupa kendaraan operasional untuk Baitul Mal Banda Aceh. Semoga kendaraan ini dapat membantu operasional Baitul Mal dalam menghimpun zakat, infaq dan sedekah dari masyarakat," terang Munawar.

Baca juga: 11.723 warga miskin di Aceh Barat sudah terima bantuan Rp8,2 miliar
Baca juga: Baitul Mal Sabang-Aceh salurkan modal usaha produktif warga kurang mampu

Pewarta : Muhammad Said
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar