Jakarta (ANTARA) - Aktor Dion Wiyoko membagikan tips memotret menggunakan smartphone bertema "staycationgraphy" untuk Anda, sebagai ide baru untuk mengisi feed di laman Instagram atau media sosial lainnya.

"Biasanya pakai smartphone foto-foto ngeblur, habis makan lupa cuci tangan langsung pegang smartphone, jadi bersihkan dulu lensa kamera. Pastikan lensa bersih," ujar dia dalam Online Master Class YOUVIT, Sabtu.

Peralatan yang perlu disiapkan:

1. Smartphone phone (merk apapun)
2. Bunga (bisa yang hidup atau buatan)
3. Botol plastik bekas ukuran 600 ml atau 1 liter atau 1,5 liter
4. Gunting isolasi
5. Kaca bening / meja kaca

Untuk sesi pemotretan pertama, Anda membutuhkan smartphone, botol plastik bekas, gunting dan bunga.

Pertama, potong leher botol bekas dan potong pinggirannya lalu tempelkan bunga-bunga di ujung-ujung yang sudah dipotong sebagai foreground atau bisa disebut kebalikan background. Sebaiknya sesuaikan lebar botol dengan kamera smartphone Anda.

"Leher penutup botol digunting, nanti bunga-bunga ditempel untuk efek aksi. Nanti bibir botol minuman ditempelkan ke smartphone. Bunga jadi foreground. Pastikan objek fokus, atau auto focus kita lock dulu, yang penting komposisi," kata Dion.

Setelah Anda memotret, editlah sesuai keinginan. Namun sebaiknya, 70 persen foto asli sudah baik dan sisanya, 30 persen bisa dari proses edit.
Hasil pemotretan pertama dari Dion Wiyoko (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Untuk sesi pemotretan ke dua, Anda masih membutuhkan bunga-bunga, lalu kaca bening atau meja kaca. Taruhlah bunga-bunga di atas meja kaca, atur sesuai keinginan.

"Dapatkan refleksi dari cermin meja. Kamera smartphone dibalik, jadi posisi kamera lebih dekat dengan cermin atau meja kaca. Bunga tetap bisa jadi foreground. Pinter-pinter cari komposisi, angle, framming," tutur Dion.

Jangan lupa saat memotret pilih mode auto focus agar foto tidak blur. Sebelumnya, bersihkan dulu kaca yang akan digunakan karena bisa mempengaruhi refleksinya.

Setelah gambar diambil, cobalah menonjolkan warna, kontras, namun sebaiknya file aslinya sudah bagus sehingga tak memerlukan banyak proses edit.
Hasil pemotretan ke dua dari Dion Wiyoko  (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Dalam proses edit, Anda bisa menggunakan aplikasi salah satunya Lightroom. Atur hal-hal dasar seperti proporsi gambar, lighting, kontras, highlight.

"Tone curve suka dilewatkan, padahal menentukan dramatisasi foto. Pertama, tentukan tiga titik. Biasanya linearnya berbentuk s atau sesuaikan dengan foto," Hasil pemotretan ke dua dari Dion Wiyoko (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Baca juga: Seberapa aman menginap di hotel di masa adaptasi kebiasaan baru?

Baca juga: Pengalaman "staycation" di masa adaptasi kebiasaan baru

Baca juga: Tips "staycation" di hotel saat liburan

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020