Jakarta (ANTARA) - Rumania mengambil alih pucuk klasemen Divisi B Grup 1 UEFA Nations League, setelah menundukkan Austria dengan skor 3-2, Senin setempat atau Selasa dini hari WIB.

Pada laga yang dimainkan di Stadion Woerthersee, Klagenfurt, Austria tersebut, Rumania membuka keunggulan melalui gol Denis Alibec (3') memanfaatkan assist Florinel Coman, sebelum sepakan voli Cristoph Baumgartner (17') menyamakan kedudukan untuk tuan rumah.

Rumania merestorasi keunggulannya melalui gol Dragos Grigore (51') dan memperbesar keunggulan melalui sepakan lob Alexandru Maxim (70'). Gol terakhir di laga itu dibukukan oleh sundulan Karim Onisiwo (81') yang gagal mengamankan hasil imbang bagi Austria, demikian catatan laman resmi UEFA.

Berkat hasil itu Rumania kini bertengger di pucuk klasemen dengan koleksi empat poin, sedangkan Austria turun ke posisi kedua dengan tiga poin.

Baca juga: Austria curi kemenangan 2-1 di markas Norwegia

Kemenangan juga dipetik oleh Norwegia yang menghantam Irlandia Utara dengan skor 5-1, pada laga yang dimainkan di Windsor Park.

Laga baru berlangsung dua menit saat sepakan voli Mohamed Elyounoussi membuka keunggulan tim tamu Norwegia. Kali ini Irlandia Utara tidak memerlukan waktu lama untuk mengemas gol balasan melalui Patrick McNair pada menit keenam.

Namun gol McNair merupakan gol terakhir bagi kubu tuan rumah. Semenit kemudian bintang Borussia Dortmund Erling Haaland mencetak gol untuk merestorasi keunggulan Norwegia, dan pada menit ke-19 giliran Alexander Soerloth yang memperbesar keunggulan Norwegia.

Seolah belum cukup dengan keunggulan dua gol, Norwegia masih menambah pundi-pundi golnya setelah turun minum. Babak kedua baru berlangsung dua menit saat Soerloth mengemas gol keduanya memanfaatkan umpan Haaland, dan Haaland lantas membukukan gol keduanya sekaligus gol pamungkas laga itu pada menit ke-58.

Kemenangan ini mendongkrak Norwegia meninggalkan dasar klasemen Grup 1 dan menduduki posisi ketiga dengan tiga poin. Irlandia Utara, yang sama sekali belum mencatatkan kemenangan, menduduki dasar klasemen dengan satu poin.

Baca juga: Polandia menang 2-1 dalam lawatan ke Bosnia
Baca juga: Italia menang di Belanda untuk kuasai Grup A1
Baca juga: Southgate konfirmasi Foden dan Greenwood langgar protokol COVID-19

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020