Jakarta (ANTARA) - Jenazah Abdul Malik Fadjar dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa siang, dan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjadi Inspektur Upacara pada pemakaman yang digelar secara militer tersebut.

Jenazah mantan Menteri Agama dan Menteri Pendidikan Nasional itu diberangkatkan dari rumah duka di Tebet sekira pukul 12.30 WIB dan tiba di TMP Kalibata sekitar pukul 13.00 WIB.

Malik Fadjar tutup usia pada pukul 19.00 WIB, Senin (7/9), di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta Selatan.

Baca juga: Nadiem mengenang Malik Fadjar sebagai sosok penginspirasi

Baca juga: Din Syamsuddin: Malik Fadjar akrab dengan aktivis muda


Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti saat dikonfirmasi mengatakan Malik dikenal sebagai tokoh di dunia pendidikan.

Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas mengatakan Malik adalah seorang pejuang pendidikan yang gigih, tidak mengenal lelah serta selalu optimistis.

"Berkat ketekunannya dia bisa membuat Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi salah satu universitas swasta terkenal di negeri ini yang tidak hanya megah dan indah tapi juga maju dan modern," kata dia.

"Prof Dr Muhadjir Effendi yang sekarang Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan adalah salah seorang kader dan anak didiknya," katanya.*

Baca juga: Anwar Abbas: Almarhum Malik Fadjar pejuang pendidikan yang gigih

Baca juga: Muhammadiyah: Malik Fadjar adalah inspirasi pendidikan

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020