Jakarta (ANTARA) - Unggulan kelima Miami Heat maju ke final Wilayah Timur setelah menyingkirkan unggulan teratas Milwaukee Bucks di babak semifinal playoff NBA dengan kemenangan 103-94 pada gim kelima di Wide World of Sports Complex ESPN dekat Orlando, Selasa malam atau Rabu WIB.

Kemenangan kelima itu membuat agregat kedua tim menjadi 4-1 untuk Heat yang di final Wilayah Timur akan menghadapi pemenang antara unggulan kedua Toronto Raptors dan unggulan ketiga Boston Celtics.

Pada gim kelima tersebut, Miami memperlihatkan permainan bertahan yang kokoh sehingga membuat kesulitan Bucks yang harus bermain tanpa bintang utama Giannis Antetokounmpo. Pemain Bertahan Terbaik NBA 2019-20 dan favorit untuk mengulang sebagai MVP liga, ini tidak bermain setelah pergelangan kaki kanannya kembali terkilir di paruh pertama gim keempat pada hari Minggu.

Baca juga: Celtics hancurkan Raptors pada gim lima untuk unggul agregat 3-2

Miami menahan tembakan Bucks dengan persentase 36,3 persen, termasuk nir poin Bucks pada kuarter ketiga yang berlangsung lebih dari enam menit. Itulah ketika Heat menciptakan jarak poin dan bertahan hingga pertandingan usai.

Pada kuarter keempat, Bucks memangkas keunggulan Heat menjadi 91-87 ketika Brook Lopez melakukan lemparan dengan sisa waktu 2:05. Tapi Butler menjawab dengan dua lemparan bebas dan Goran Dragic melakukan rebound dengan lompatan tinggi menguasai bola untuk mempertahankan keunggulan Miami.

Dua lemparan bebas oleh Butler dengan sisa waktu 46,7 detik memperpanjang keunggulan Heat menjadi 97-88 dan memastikan kemenangan 4-1.

Jimmy Butler menyumbang 17 poin, 10 rebound, dan enam assist, untuk Miami. Ini adalah pertama kalinya Miami tampil di final Timur sejak 2014, dan pertama kalinya Butler mencapai empat besar NBA.

Baca juga: Middleton buat Bucks tetap hidup seusai menangi gim keempat atas Heat

Goran Dragic juga menyumbang 17 poin untuk Heat, disusul Jae Crowder yang mencetak 16 poin, Tyler Herro 14 poin, Bam Adebayo 13 poin, dan Kelly Olynyk 12 poin.

Tanpa Antetokounmpo, Khris Middleton menjadi topskor bagi Milwaukee. Ia menyumbang 23 poin. Brook Lopez mencetak 15 poin dan 14 rebound, Donte DiVincenzo mencetak 17 poin, Wesley Matthews dan Marvin Williams masing-masing menyumbang 11 poin, sedangkan Eric Bledsoe menyumbang sembilan assist untuk Bucks.

Bagi Bucks, ini adalah jalan keluar playoff yang sangat prematur setelah mencatat rekor musim reguler terbaik NBA. Heat, sementara itu, menjadi tim ke-140 dalam 140 upaya untuk memenangi seri playoff NBA setelah memimpin 3-0 terlebih dahulu.

Baca juga: Heat di ambang final Timur setelah menang 115-100 atas Bucks

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020