Jakarta (ANTARA) - Pembalap Formula Satu asal Meksiko Sergio Perez akan meninggalkan Racing Point akhir musim ini, umum dia dan timnya seperti dikutip Reuters, Kamis.

Berita itu menyusul spekulasi bahwa juara dunia empat kali Sebastian Vettel dari Ferrari siap bergabung dengan tim Kanada yang akan mengambil nama produsen otomotif Aston Martin itu pada 2021.

Ferrari sudah mengumumkan bahwa pebalap Jerman yang memenangkan gelarnya bersama Red Bull itu tahun depan akan digantikan oleh pebalap Spanyol Carlos Sainz dari McLaren.

Racing Point tidak mengungkapkan apa-apa soal penggantian Perez dalam sebuah pernyataan yang mengonfirmasi hengkangnya pebalap berusia 30 tahun itu setelah tujuh tahun bersama tim yang berbasis di Silverstone tersebut.

Baca juga: Perez senang bisa balapan lagi setelah lalui masa karantina yang berat

Perez yang saat ini menjadi satu-satunya pembalap Amerika Latin di grid start dan dengan kontrak berjalan sampai 2022 itu mengatakan lewat Twitter bahwa semua hal memiliki awal dan akhir.

"Waktu saya bersama tim akan berakhir setelah musim ini," kata pebalap Meksiko yang absen dalam dua balapan musim ini setelah terpapar COVID-19 itu.

"Ini agak menyakitkan karena saya bertaruh kepada tim ini selama masa-masa sulit," tambah pebalap yang berperan penting dalam kelangsungan hidup tim ini setelah pada 2018 mengelola Force India yang dimiliki Vijay Mallya.

"Kami berhasil mengatasi rintangan-rintangan dan saya bangga sekali karena menyelamatkan pekerjaan sejumlah rekan satu tim saya."

Baca juga: Terkait rumor Vettel, Perez yakin bertahan di Racing Point tahun depan

Tim tersebut sekarang dikelola oleh sebuah konsorsium yang dipimpin oleh Lawrence Stroll dari Kanada, yang putranya Lance mengemudi untuk tim ini dan finis ketiga pada Grand Prix Italia Minggu pekan lalu bersama kendaraan yang dijuluki 'Mercedes Merah Muda' karena kemiripannya dengan pemenang gelar tahun lalu.

"Saya akan menyimpan kenangan momen-momen indah yang pernah saya alami bersama, persahabatan dan kepuasan karena selalu memberikan semua yang saya miliki," kata Perez.

Dia mengaku tidak memiliki Rencana B untuk masa depannya, meskipun pada Juli dia mengatakan tim-tim di dalam dan di luar paddock sudah menghubungi dia.

"Hasrat saya adalah terus membalap di sini (di F1), tetapi hal itu akan tergantung kepada menemukan proyek yang memotivasi saya terus memberikan 100 persen diri saya pada setiap lap," kata dia.

Perez sudah membuat delapan penampilan podium selama karir Formula Satu-nya yang lima di antaranya bersama Force India.

Baca juga: Vettel bantah rumor kontrak dengan Racing Point
Baca juga: Racing Point cabut permohonan banding terkait kasus "brake duct" RP20
Baca juga: Roberts ditunjuk sebagai pelaksana "team principal" Williams F1

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020