Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jayakarta Mayor Jendral (Mayjen) TNI Dudung Abdurachman berharap warga yang terlibat dalam organisasi kemasyarakatan dan komunitas untuk mengawasi pendisiplinan protokol kesehatan di masa pandemi dengan pendekatan humanis.

"Kegiatan pendisiplinan ini melibatkan komunitas masyarakat. Tentu ini juga agar masyarakat patuh dan bagi yang melakukan pendisiplinan ini tolong diwaspadai ketika berinteraksi dengan masyarakat agar betul-betul dilakukan dengan cara yang humanis dan persuasif," kata Dudung pada peluncuran program pendisiplinan protokol kesehatan berbasis komunitas di halaman Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat.

Dudung mengatakan cara persuasif sehingga masyarakat yang sebelumnya tidak patuh dapat menjalani protokol kesehatan dengan pemahaman yang baik dan tidak menimbulkan konflik baru.

"Kondisi saat ini cukup banyak yang di PHK, roda perekonomian pun masih sulit,sehingga kalau bisa pada saat melakukan pendisiplinan lebih baik dibicarakan dahulu dan penanganannya secara humanisme. Sehingga dapat tercapai tujuannya," ujar Dudung.

Polda Metro Jaya baru saja meluncurkan program untuk pengawasan dan pendisiplinan protokol kesehatan hang melibatkan komunitas dan organisasi masyarakat.

Acara itu dilakukan di kawasan Tanah Abang dengan ditandai secara simbolis melalui pemberian rompi khusus berwarna kuning kepada perwakilan 18 organisasi masyarakat di Tanah Abang.

"Kami mengharapkan adanya pelibatan atau pun partisipasi aktif masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan dan pendisiplinan protokol kesehatan khususnya gerakan 3M dalam berjalan dengan masif," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana.

Baca juga: Polda beri rompi kepada 18 ormas Tanah Abang awasi protokol kesehatan
Baca juga: Wakapolri pantau kepatuhan penggunaan masker di Stasiun Tanah Abang
Tokoh pemuda Tanah Abang H.Heru Nuryaman usai pemberian rompi untuk program pendisiplinan protokol kesehatan di Blok A Tanah Abang, Jumat (11/9/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Sementara itu, tokoh pemuda Tanah Abang H.Heru Nuryaman yang menerima rompi untuk pengawasan protokol kesehatan mengaku siap dan antusias untuk segera menjalankan tugasnya mendisiplinkan masyarakat menjalankan 3M di tengah pandemi COVID-19.

"Kami ini sangat antusias ya. Kami sudah siap untuk mensosialisasikan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan ini," kata Heru.

Heru berharap pelatihan terkait pengawasan dan pendisiplinan protokol kesehatan yang melibatkan komunitas masyarakat itu dapat segera dilakukan.

"Kami tentu menunggu langkah selanjutnya dari kepolisian agar pengawasan protokol kesehatan ini dapat segera direalisasikan dan kami tentu siap mendukung penerapan protokol kesehatan
di masyarakat," ujar Heru.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020