Mahfud MD: Kritis modal penting dalam dunia akademis

id Menko polhukam, mahfud md, mahfud,mahasiswa baru UI

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. ANTARA/HO-Dok Humas Kemenko Polhukam/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menegaskan bahwa kritis menjadi modal penting dalam dunia akademis, terutama mahasiswa.

"Generasi baru UI ini, generasi Z, punya banyak kelebihan dari generasi sebelumnya. Generasi ini punya kelebihan multitasking dan merupakan generasi yang sangat kritis," kata Menko Polhukam saat berbicara secara virtual di hadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI), di Jakarta, Jumat.

Mahfud menyampaikan motivasi kepada 12.000 mahasiswa baru UI secara daring dalam acara Penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UI, Jumat.

Baca juga: Mahfud: Penyelenggaraan Pilkada harus disertai protokol kesehatan
Baca juga: KPK usulkan PPATK ikut lacak sumber pendanaan Pilkada Serentak 2020


Acara tersebut disaksikan secara daring juga oleh 40.000 mahasiswa senior dan 300.000 alumni UI.

Menurut Mahfud, mahasiswa baru UI adalah generasi baru dari kampus yang selama ini dikenal sebagai kampus perjuangan.

Oleh karena itu, ia menghimbau mahasiswa agar mengambil inspirasi dari sosok Soe Hok Gie karena sejak lama mahasiswa UI dan jaket kuningnya telah lama masyhur menjadi simbol pergerakan dan perubahan.

Mahfud mengutip film "Gie" yang dirilis pada tahun 2005, menceritakan Soe Hok Gie, seorang aktivis kampus dari UI yang menentang apa yang dinilainya sebagai kediktatoran dan ketidakadilan, dan dibintangi oleh Nicholas Saputra yang juga alumni arsitektur UI.

"Bagi anda semua, 'sharing is cool', bagi saya ini berarti generasi ini punya semangat berbagi, punya jiwa sosial yang tinggi. Ini generasi yang kritis dan idealis, saya yakin pasti punya semangat tinggi antikorupsi. Ini juga generasi yang 'cool' yang moderat dan terbuka, menghargai perbedaan dan keragaman dalam kerukunan hidup bernegara," ujar Mahfud.

Menko Polhukam berharap 12.000 mahasiswa baru tersebut adalah generasi yang sangat bisa diharapkan untuk kerja keras plus kerja cerdas untuk meraih prestasi sehingga mereka harus ekspresif, berani tampil, inovatif, dan suka berbagi.

Ia juga berpesan untuk menciptakan, membagikan, dan membuat kreativitas positif selama kuliah.

"Berikan inspirasi ke seluruh dunia, tentu yang sesuai dengan karakter kebangsaan Indonesia. Posting terus prestasi kalian," katanya.

Mahfud menekankan mahasiswa baru UI untuk menciptakan, membagikan, dan membuat kreativitas positif selama kuliah.

"Mahasiswa UI harus menebar inspirasi ke seluruh dunia, yang tentunya sesuai dengan karakter kebangsaan Indonesia," pungkas Mahfud.

Baca juga: Mahfud: Kasus sengketa pilkada akan diproses lebih cepat
Baca juga: Kemarin, dari politik uang pilkada sampai teguran Mendagri

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar