PLN gandeng Karpowership Indonesia salurkan 17 ventilator

id COVID-19 ,NTT, karpowership

Direktur Regional Asia Pasifik PT KarPowership Indonesia (KPI) Mehmet Ufuk Berk (kiri) bersama Direktur Human Capital dan Management PT PLN (Persero) Syofvi F. Roekman saat serah terima sumbangan emergency ventilator sejumlah 17 unit dengan total sekitar Rp 500 juta di Jakarta, Jumat (11/9/2020). ANTARA/HO-Karpowership Indonesia

Kupang (ANTARA) - Perusahaan kapal listrik PT Karpowership Indonesia (KPI) bekerja sama dengan PT PLN (Persero) kembali memberikan bantuan tahap dua berupa 17 alat bantu pernapasan darurat atau emergency ventilator untuk sejumlah rumah sakit penanganan COVID-19 di seluruh Indonesia.

Direktur Regional Karpowership Indonesia, Mehmet Ufuk Berk kepada wartawan saat dihubungi dari Kupang, Jumat mengatakan bahwa mengatakan kehadiran mesin ventilator ini diharapkan dapat disalurkan kepada pihak yang membutuhkan secara tepat untuk mempercepat penanganan pasien COVID-19.

"Bantuan ini semoga dapat berguna. Dan bantuan yang kami berikan ini sesuai dengan adanya undangan dari PLN untuk bekerja sama dalam penyaluran sumbangan dan bantuan terhadap tenaga medis di situasi pandemi seperti saat ini," katanya.

Baca juga: Karpowership Indonesia bagikan 200 paket lebaran bagi warga Bolok
Baca juga: Kar Powership serahkan bantuan kesehatan untuk pulau-pulau terpencil


Ia menjelaskan bahwa nilai bantuan alat bantu pernapasan darurat itu mencapai Rp500 juta yang memang ujar dia bertujuan membantu rumah sakit dan tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19..

Lebih lanjut kata dia bantuan kedua perusahaan tersebut sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk membantu merawat pasien dan memutus penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Ufuk Berk juga menjelaskan bahwa bantuan alat bantu pernapasan darurat itu diproduksi oleh PT Len Industri (Persero). Alat bantu darurat pernafasan dengan sistem invasive itu terbuat dari metal pada unit utama penggerak dan karet silikon pada bagian kantor resuscitator.

Baca juga: Karpowership berbagi kasih Ramadhan dengan masyarakat Minsel
Baca juga: PT Kar Powership Indonesia berbagi dengan masyarakat Waai


Alat itu juga dilengkapi dengan sirkuit pernafasan yang terdiri dari selang, filter, dan katup-katup yang dipilih dari bahan-bahan yang sesuai dengan standar medis. Belasan alat bantu pernafasan darurat itu juga dikatakannya telah lulus uji Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK).

“Bersama dengan PLN, kami tergerak untuk memberi bantuan yang diperlukan oleh tenaga medis dalam penanganan COVID-19. Melihat semakin banyaknya korban COVID-19 di Indonesia,” ujar Ufuk Berk.

Karpowership dan PLN sendiri juga sebelumnya pada Mei lalu juga sudah mendonasikan bantuan berupa 1000 Alat Perlindungan Diri (APD) untuk disumbangkan ke sejumlah rumah sakit di  Indonesia. 

Baca juga: Karpowership bantu kebutuhan listrik warga di Pulau Timor
Baca juga: Kar Powership bagi bingkisan sembako Ramadhan di Belawan

 

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar