Terjadi lonjakan kasus positif COVID-19 di Bengkulu

id Bengkulu, COVID-19

Data perkembangan kasus konfirmasi positif COVID-19 di Bengkulu yang diumumkan tim gugus tugas penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu. (ANTARA/Carminanda)

Bengkulu (ANTARA) - Angka kasus konfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Bengkulu mengalami lonjakan signifikan, dalam sepekan terakhir setelah tim gugus tugas penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu mengumumkan ada 78 kasus baru di daerah itu.

"Kasus per hari selalu ada penambahan dan penambahan rata-rata per pekan itu berubah-ubah, tetapi perkembangan terakhir sekarang memang cukup tinggi kalau di rata-ratakan sampai tujuh kasus per hari," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, Senin.

Data yang dirilis tim gugus tugas penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu menyebutkan penambahan kasus terbanyak dalam sepekan terakhir terjadi pada Jumat (11/09) dimana terjadi penambahan 30 kasus konfirmasi positif virus corona jenis baru.

Baca juga: Orang positif COVID-19 di Mukomuko-Bengkulu boleh ikut seleksi CPNS

Baca juga: Tambah tiga, positif COVID-19 di Rejang Lebong-Bengkulu naik 28 kasus


Kemudian pada Sabtu (12/09) terjadi penambahan 28 kasus, pada Ahad (13/09) terjadi penambahan delapan kasus, sedangkan di pekan yang sama pada hari Selasa (8/09), Rabu (09/09) dan Kamis (10/09) terjadi penambahan masing-masing tiga kasus per hari.

"Dan hari ini ada penambahan satu kasus konfirmasi baru yaitu seorang laki-laki berusia 34 tahun, warga Kota Bengkulu dan belum ditemukan riwayat kontak," ucap Herwan.

Dengan penambahan tersebut, total kasus konfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Bengkulu menjadi 467 kasus dari 5.964 spesimen yang diperiksa di laboratorium.

Dari total kasus itu, 30 orang atau sekitar 6,42 persen diantaranya meninggal dunia dan 252 orang atau sekitar 53 persen dinyatakan sembuh dan sisanya masih menjalani proses perawatan di berbagai rumah sakit rujukan dan menjalani isolasi mandiri.

"Kita terus berupaya agar angka kematian ini bisa terus ditekan hingga di bawah lima persen dan angka orang yang dinyatakan sembuh harus terus meningkat," demikian Herwan.*

Baca juga: Bank Bengkulu dapat teguran karena tak terapkan protokol kesehatan

Baca juga: Wali Kota Bengkulu terkonfirmasi positif tertular COVID-19

Pewarta : Carminanda
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar