Banjarmasin (ANTARA) - Salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Suci Rabella yang juga seorang public speaker berhasil masuk babak final kompetisi Indonesia Teacher Prize 2020.

Suci yang juga peraih anugerah wanita hebat kategori pendidikan 2019 yang diselenggarakan Kantor Berita Antara Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Senin, mengatakan dirinya berhasil memikat para juri pada kategori profesional dengan membawakan materi ajar publik speaking.

Pada kategori tersebut, Suci masuk empat besar dengan berhasil menyisihkan ribuan peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan dia menjadi satu-satunya wakil dari Kalimantan.

Ruang guru sebagai salah satu platform penyedia layanan pendidikan berbasis digital di Indonesia, menyelenggarakan kompetisi Indonesia Teacher Prize 2020 yang menjadi ajang pencarian pengajar-pengajar terbaik dari seluruh Indonesia untuk berbagai kategori.

Baca juga: Tantangan terbesar jadi MC, kata Indra Herlambang & Nadia Mulya

Baca juga: PAN Banjarmasin ajari kader aktif bersuara


Kategori tersebut antara lain, pengajar mata pelajaran sains dan humaniora tingkat SD, SMP, dan SMA hingga kategori motivasi dan inspirasi serta kategori profesional.

Pada ajang yang diikuti ribuan peserta tersebut, Suci mampu melewati seleksi awal dan babak semifinal dan kini menyisakan empat orang peserta di masing-masing kategori untuk berkompetisi pada babak final.

Pada ajang tersebut, ujar Suci, dia mendapatkan penilaian cukup bagus dengan berbekal pengalamannya sebagai MC, moderator, dan pembicara diberbagai kegiatan serta pengalaman mengikuti short course tentang public speaking di IOWA University USA.

"Saya berminat di bidang public speaking dan keinginan untuk berbagi pengetahuan di bidang itu mendorong saya untuk mengikuti ajang Indonesia Teacher Prize ini" tutur perempuan yang akrab disapa Suci ini.

Ia juga menyampaikan bahwa salah satu misinya dalam mengikuti ajang tersebut adalah untuk membanggakan Kalimantan Selatan.

"Ulun ingin Kalsel disejajarkan dengan Provinsi lain yang kita anggap maju seperti Provinsi di Pulau Jawa. Hal itu bisa dilakukan dengan membuktikan bahwa SDM Kalsel tidak kalah baiknya dengan SDM yang ada di Pulau Jawa" ujarnya optimistis.

Dukungan agar Suci bisa membawa nama Kalimantan Selatan berjaya di level nasional ternyata juga datang dari banyak tokoh Banua. Diantaranya Anggota DPR RI dari Kalsel Rifqinizamy Karsayuda, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Ananda dan Kepala Dinas Perdagangan Kalsel H. Birhasani.

Mereka mengajak masyarakat Kalsel untuk mendoakan dan memberikan dukungan langsung kepada Suci.

Hal tersebut bisa dilihat dari video yang dibagikan Suci di akun media sosialnya.

Di ajang itu nanti juga akan dibuka kesempatan bagi semua orang yang ingin memberikan dukungan berupa vote di aplikasi ruang guru.

"Ulun mohon doa dan dukungan dari semua masyarakat Kalsel agar meraih hasil terbaik di ajang ITP ini" ujarnya.*

Baca juga: Lurah di Yogyakarta dituntut mengasah kemampuan "public speaking"

Baca juga: UMP-Antara kerja sama gelar seminar nasional "public speaking"

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020