KPU Banjarmasin nyatakan keempat Bapaslon penuhi syarat administrasi

id Pilkada Banjarmasin 2020, rapat pleno KPU Banjarmasin, Para calon di Pilkada Banjarmasin

KPU Banjarmasin nyatakan keempat Bapaslon penuhi syarat administrasi

KPU Banjarmasin dan para Bapaslon usai rapat pleno penyampai hasil penelitian syarat bakal calon.(Antaranews Kalsel/Sukarli)

Banjarmasin (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menyatakan keempat Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin memenuhi syarat administrasi untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

"Untuk syarat administrasi semua Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin memenuhi syarat," ujar Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah di Banjarmasin, Senin, usai KPU Kota Banjarmasin menggelar rapat pleno terbuka penyampaian hasil penelitian persyaratan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin.

Dikatakan dia, penelitian persyaratan keempat bakal pasangan calon tersebut dilaksanakan sejak pendaftaran pada 4-6 September lalu.

Baca juga: KPU: Dua bakal paslon Pilkada Bantul memenuhi syarat kesehatan
Baca juga: KPU Kalteng nyatakan dokumen syarat pendaftaran petahana lengkap
Baca juga: Verifikasi ijazah, KPU Batam datangi sekolah bapaslon Pilkada

"Jadi kita teliti satu persatu dokumen yang diserahkan para bapaslon, termasuk keabsahan ijazah pendidikan," ungkap dia.

Diungkapkan Rahmiyati Wahdah, pihaknya harus mengkonfirmasi ijazah bakal calon hingga ke luar daerah, misalnya ke Ponpes Gontor hingga SMA di Surabaya.

"Kan ada yang bakal calon yang lulusan Gontor, seperti Pak Mushaffa Zakir itu, kita konfirmasi ke sana, ya dibenarkan, seperti itu lah yang lainnya juga," tutur Rahmiyati Wahdah.

Dengan sudah lengkapnya persyaratan para bapaslon ini, KPU pun menyerahkan tanda buktinya hari ini yang dihadiri sebagian Bapaslon.

"Memang ada satu pasangan bakal calon yang tidak hadir, tapi tidak mengapa, ada perwakilan dari timnya, sebab tidak wajib juga," terangnya.

Adapun bakal pasangan calon yang tidak hadir itu adalah Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir Lc, pasangan ini diusung Partai Golkar, PAN dan PKS, serta didukung partai non parlemen yakni PKPI dan Perindo.

Sedangkan pasangan bakal calon H Haris Makkie dan Ilham Noor yang diusung Partai Gerindra, PPP dan PBB serta didukung partai non parlemen Hanura, kompak datang.

Kemudian pasangan H Ibnu Sina dan H Arifin Noor yang didukung Partai Demokrat, PKB dan PDIP juga didukung partai non parlemen PSI, hanya hadir Bakal Calon Wali Kota H Ibnu Sina.

Pasangan satu-satunya jalur perorangan H Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy hanya dihadiri Bakal Calon Wali Kota H Khairul Saleh.

Pewarta : Sukarli
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar