Pemprov Sulteng salurkan bantuan logistik korban banjir di Sigi

id banjir sigi

Pemprov Sulteng salurkan bantuan logistik korban banjir di Sigi

salah satu rumah warga di Sigi diterjang banjir. (ANTARA/Anas Masa)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah menyalurkan bantuan logistik berupa bahan makanan dan peralatan dapur serta tenda bagi korban banjir di Kabupaten Sigi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi, Asrul, Rabu membenarkan adanya bantuan dimaksud terdiri atas beberapa jenis bahan makanan seperti beras, mie instan, peralatan dapur, bayi dan juga tenda.

Menurut dia, bantuan dari Pemprov Sulteng tersebut tentu sangat bermanfaat meringankan kebutuhan masyarakat terdampak bencana.

Penyaluran dipusatkan di posko induk bencana alam banjir di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan.

Desa Rogo, kata dia, diterjang banjir pada dua hari lalu, menyusul meluapnya air sungai di wilayah itu akibat hujan deras yang terus menerus mengguyur hampir seluruh wilayah Sigi.

Sekitar 60 rumah yang terdampak banjir di Desa Rogo. Desa Rogo, kata dia, termasuk beberapa desa di Dolo Selatan, selain Desa Bangga sering dihantam banjir.

Bahkan,khusus Desa Bangga, katanya sudah tidak layak lagi jadi permukiman penduduk.

Dia menambahkan bencana alam banjir besar pernah terjadi di Kecamatan Dolo Selatan pada 2019. Ribuan rumah di wilayah tersebut terkubur lumpur diterjang banjir bandang.

Pada tahun yang sama, banjir bandang juga menghajar Kecamatan Gumbasa dan Kulawi. Mengingat curah hujan yang masih tinggi,Asrul mengimbau masyarakat untuk tetap waspada banjir dan bencana tanah longsor sewaktu-waktu bisa terjadi. 

Baca juga: BPBD Sigi imbau warga tetap siaga banjir dan longsor

Baca juga: Korban banjir bandang di Kulawi-Sulteng masih bertahan di pengungsian

Baca juga: Penyintas banjir bandang Kulawi-Sigi butuh bantuan pangan dan pakain

Pewarta : Anas Masa
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar