Saya ingin melihat perkembangan pemain, apakah mereka sanggup menerapkan apa yang diberikan saat latihan
Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-19 Shin Tae-yong menyebut laga uji coba kontra Qatar di Kroasia pada Kamis (17/9) bagus untuk melihat sejauh mana kemajuan para pemain setelah menjalani latihan dan beberapa pertandingan persahabatan.

"Pertandingan itu bermanfaat untuk kami. Saya ingin melihat perkembangan pemain, apakah mereka sanggup menerapkan apa yang diberikan saat latihan," ujar Shin, dikutip dari laman resmi Persija di Jakarta, Rabu.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, Qatar adalah lawan uji coba yang bagus karena kuat secara tim dan berkualitas baik.

Baca juga: Timnas U-19 kembali disibukkan dengan latihan berintensitas tinggi

Pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu pun menyambut baik skuatnya akan berlaga dua kali kontra Qatar. Pertandingan berikutnya melawan Qatar berlangsung pada Minggu (20/9).

Sementara penyerang timnas U-19 Saddam Gaffar menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya siap menjajal kekuatan Qatar. Shin, kata Saddam, sudah memberikan pengetahuan bagaimana menghadapi Qatar.

"Gaya bermain Qatar mirip dengan Arab Saudi. Kami bertekad akan memberikan penampilan terbaik," tutur dia.

Timnas U-19 sudah berada di Kroasia sejak Minggu (30/8) untuk menjalani pemusatan latihan (TC).

Baca juga: Shin Tae-yong, timnas U-19 dan formasi 4-4-2 Viktor Maslov

Sebagai bagian dari TC, mereka telah mengikuti Turnamen Persahabatan U-19 Internasional yang diikuti empat negara termasuk Indonesia pada 5-11 September 2020. Hasilnya, timnas U-19 takluk dua kali yaitu dari Bulgaria (dengan skor 0-3) dan Kroasia (1-7) serta satu kali imbang 3-3 saat bersua Arab Saudi.

Pada pertandingan uji coba berikutnya, timnas U-19 akan melawan Qatar pada 17 dan 20 September, lalu menjajal kekuatan Bosnia dan Herzegovina pada 25 September serta Dinamo Zagreb pada 28 September 2020.

TC di Kroasia, yang berlangsung selama satu bulan, digelar sebagai bagian dari persiapan menuju Piala Asia U-19 yang rencananya dilaksanakan pada awal tahun 2021 di Uzbekistan.

Setelah Piala Asia U-19, timnas U-19 diproyeksikan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.

Baca juga: PSSI: Timnas U-19 hadapi Qatar hingga Dinamo Zagreb mulai 17 September

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020