Jakarta (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0504/Jakarta Selatan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Padat Karya Pembantu Penegak Disiplin Mematuhi Protokol Kesehatan (PDMPK) dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi COVID-19 di wilayah Jakarta Selatan, Kamis.

Dandim 0504/Jakarta Selatan Kolonel Inf Ucu Yustina mengatakan anggota Satgas PDMPK merupakan warga lokal berjumlah 100 orang yang direkrut untuk membatu tugas TNI/Polri dalam mendisiplinkan protokol kesehatan di lingkungannya.

"Untuk mempercepat penanganan pandemi COVID-19, Pangdam Jaya memerintahkan agar seluruh Kodim membentuk Satgas Padat Karya Pembantu PDMPK dalam rangka penerapan protokol kesehatan," kata Ucu.

Satgas Padat Karya Pembantu PDMPK bertugas mengingatkan warga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan di lingkungannya.

Saat ini Satgas Padat Karya Pembantu PDMPK penanggulangan COVID-19 yang dibentuk oleh Kodim 0504/Jakarta Selatan baru terdapat di Kelurahan Grogol Utara, Kecamatan Kebayoran Lama.

"Untuk sekarang Kelurahan Grogol Utara sebagai pilot project (percontohan) yang keanggotaannya berasal dari warga Kelurahan Grogol Utara sendiri, direncanakan ada 100 orang yang menjadi relawan Satgas Padat Karya Pembantu PDMPK," ujar Ucu.

Baca juga: Kodim 0504/Jaksel siap kerahkan personel untuk pelaksanaan PSBB
Baca juga: Kodim 0504/Jaksel petakan keluarga prasejahtera terimbas COVID-19
Anggota TNI dari Kodim 0504/Jakarta Selatan menyalurkan bantuan bagi masyarakat prasejahtera di wilayah Kecamatan Mampang yang terdampak pademi COVID-19 dengan diberlakukannya 'social atau physical distancing, Selasa (7/4/2020) (ANTARA/HO-Kodim 0504/Jakarta Selatan)
Tidak hanya mengingatkan warganya, satgas ini juga bertugas menyosialisasikan dan memberikan edukasi kepada warga lainnya tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Diharapkan kehadiran satgas ini dapat mempercepat penanggulangan pandemi COVID-19 dan menekan angka penularan.

Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Selatan mencatat angka kasus konfirmasi positif COVID-19 sejak awal kemunculan hingga 13 September 2020, yakni konfirmasi positif sebanyak 6.336 kasus, rawat inap 341, pasien sembuh 2.993 dan meninggal dunia 178 orang.

Pembentukan Satgas Padat Karya Pembantu PDMPK ditandai dengan gelar pasukan yang dipimpin Dandim 0504/Jakarta Selatan Kolonel Inf Ucu Yustina di lapangan basket SDN 16, Kelurahan Grogol Utara, Kebayoran Lama.

Apel kesiapsiagaan ini dihadiri 100 peserta terdiri atas Pokdar Kamtibmas, FKDM, Bang Japar, Mitra Jaya, Karang Taruna Utara, PKK, Dasawisma, Jumantik, LMK, ketua RW seluruh Kelurahan Grogol Utara.
Baca juga: Kodim 0504/Jaksel siagakan 350 personel kawal PSBB
Baca juga: Kodim 0504/Jaksel salurkan sembako bagi warga prasejahtera

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020