Jakarta (ANTARA) - AS Saint-Etienne mempecundangi tuan rumah Marseille dengan skor 2-0 dalam pertandingan putaran ketiga Liga Prancis yang dimainkan di Stade Orange Velodrome, Marseille, Kamis setempat atau Jumat dini hari WIB.

Romain Hamouma membuka keunggulan Saint-Etienne pada menit keenam, sebelum Denis Bouanga menggandakan keunggulan timnya pada menit ke-75, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Kemenangan itu sekaligus mendongkrak Saint-Etienne ke pucuk klasemen. Tim besutan Claude Puel itu kini berada di puncak dengan koleksi sembilan poin, sedangkan Marseille tertahan di peringkat kedelapan dengan enam poin.

Baca juga: Bordeaux pecundangi Angers, Saint-Etienne berjaya di markas sendiri

Laga baru berlangsung enam menit saat Saint-Etienne mengejutkan kubu tuan rumah. Dari satu skema serangan di sisi kiri, Yvann Macon mengirimkan umpan silang yang disambar dengan sempurna oleh Hamouma.

Keunggulan satu gol membuat tim tamu semakin bersemangat. Mereka lebih banyak mendominasi penguasaan bola dan mendapatkan peluang bagus saat tembakan Adil Aochiche diblok pertahanan Marseille.

Tuan rumah mencoba bangkit. Dua peluang bagus didapat dari umpan silang Florian Thauvin yang dipotong kiper Jessy Moulin, dan sepakan Florian Thauvin yang terdefleksi untuk kemudian melebar dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Baca juga: Le Classique diwarnai lima kartu merah, Marseille bekuk PSG 1-0

Setelah turun minum, Marseille semakin bernafsu untuk menyamakan kedudukan. Peluang emas didapat Marseille saat Florian Thauvin mengirim bola untuk disambar Marley Ake, sayangnya sepakan pemain pengganti itu membentur mistar gawang.

Tidak lama kemudian, giliran Valentin Rongier yang melepaskan bola melintasi mulut gawang Saint-Etienne, namun tidak seorang pun pemain Marseille yang dapat menyentuhnya.

Saat Marseille asyik menyerang, Saint-Etienne bukannya tanpa peluang. Diawali bola panjang dari belakang, Denis Bouanga kemudian mengejarnya dan melepaskan sepakan yang masih dapat ditahan kiper Steve Mandanda.

Namun Mandanda benar-benar harus kemasukan untuk kedua kalinya dalam pertandingan itu. Dari satu skema serangan balik, Arnaud Nordin mengirim bola kepada Bouanga yang sempat mengontrolnya sebelum melepaskan sepakan keras ke sisi kanan gawang tuan rumah.

Baca juga: Gol semata wayang Draxler amankan kemenangan perdana PSG musim ini
Baca juga: Neymar dihukum dua laga, Liga Prancis investigasi tuduhan rasisme


Susunan pemain:

Marseille (4-3-3): Steve Mandanda, Hiroki Sakai (Christopher Rocchia 79'), Alvaro Gonzalez, Duje Caleta-Car, Leonardo Balerdi (Bouna Sarr 46'), Valentin Rongier (Kevin Strootman 78'), Boubacar Kamara, Morgan Sanson (Valere Germain 71'), Florian Thauvin, Maxime Lopez (Marley Ake 46'), Dimitri Payet
Pelatih: Andre Villas-Boas

AS Saint-Etienne (4-2-3-1): Jessy Moulin, Matthieu Debuchy (Aimen Moueffek 8'), Wesley Fofana, Timothee Kolodziejczak, Yvann Macon, Mahdi Camara, Yvan Neyou Noupa (Lucas Gourna-Douath 71'), Denis Bouanga, Adil Aouchiche (Arnaud Nordin 46'), Romain Hamouma (Zaydou Youssouf 58'), Charles Abi (Nelson Sissoko 71')
Pelatih: Claude Puel

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020