Astra Financial serahkan tiga ventilator untuk masyarakat Jawa Barat

id Astra Financial,Ventilator,COVID-19

Astra Financial menyerahkan ventilator kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (tengah) secara simbolis, bertempat di Gedung Negara Pakuan Bandung pada Jumat, (18/9/2020). ANTARA/HO-Astra Financial.

Jakarta (ANTARA) - Astra Financial, salah satu divisi bisnis Grup Astra di bawah PT Astra International Tbk menyerahkan tiga alat bantu pernapasan (ventilator) untuk masyarakat Jawa Barat.

Bantuan itu diserahkan langsung kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bertempat di Gedung Negara Pakuan Bandung pada Jumat.

"Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini ventilator menjadi kebutuhan yang sangat krusial. Dan, Astra benar-benar merasa terpanggil dengan kondisi saat ini," ujar Pelaksana Tugas Direktur Astra Financial Suparno Djasmin dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat.

Oleh sebab itu, lanjut dia, Astra mengupayakan pengadaan ventilator di beberapa provinsi, dimana kali ini adalah penyerahan ketiga dari Astra Financial, sebanyak 2 unit ventilator yang berasal dari PT Astra Sedaya Finance (ACC) dan 1 unit ventilator dari PT Federal International Finance (FIFGROUP).

"Kami berharap Bapak Gubernur bisa menerima dengan baik bantuan Astra Financial ini untuk diserahkan ke rumah sakit yang membutuhkan," ucapnya.

Sebelumnya, pada 27 April 2020, Grup Astra di bawah komando PT Astra International Tbk pada tahap pertama telah membagikan 30 ventilator kepada tiga rumah sakit yang menjadi rujukan pasien COVID-19 di Jakarta, yaitu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto (15 unit), Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet (10 unit), dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso (lima unit).

Tahap kedua, 10 ventilator sudah disalurkan ke Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua pada bulan Juni – Juli lalu.

"Astra Financial membantu menyerahkan 2 unit ventilator di Sumatera Utara," paparnya.

Pada tahap ketiga, Grup Astra juga akan menyerahkan 40 unit ventilator, di mana Astra Financial mendapat porsi 15 unit ventilator dan diawali dengan penyerahan 5 ventilator di Provinsi Jawa Tengah dan dilanjutkan dengan penyerahan yang kedua di Sumatera Utara, lalu penyerahan ketiga dilangsungkan di Singkawang, serta penyerahan keempat dilakukan kepada masyarakat Jawa Barat.

Berikutnya, dalam waktu dekat akan diserahkan juga tiga ventilator dari PT Federal International Finance (FIF Group) yang dibagikan ke Nusa Tenggara Barat (1 unit) dan Bali (2 unit).

"Sesuai dengan arahan Astra International Tbk kami kebagian 15 unit ventilator untuk diserahkan kepada pihak yang membutuhkan dalam merawat pasien COVID-19. Ini merupakan kontribusi dari perusahaan Astra Financial, yaitu PT Federal International Finance (FIFGROUP), PT Astra Sedaya Finance (ACC), PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra), dalam membantu masyarakat di masa pandemi ini," kata Suparno.

Disampaikan, untuk penanganan yang terdampak COVID-19 di Indonesia, Grup Astra telah menyerahkan bantuan mulai dari April 2020. Hingga saat ini, Astra melalui Nurani Astra telah menyerahkan bantuan dari tahap pertama hingga tahap keempat senilai Rp131 miliar.

Baca juga: Astra serahkan bantuan penanganan COVID-19 tahap kelima Rp20,8 miliar
Baca juga: Presdir Astra: COVID-19 akan bayangi kinerja hingga akhir tahun
Baca juga: Pendapatan Astra pada semester I tahun 2020 turun

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar