Menhub bersama Gubernur NTB inspeksi kesiapan Pelabuhan Gili Mas

id Menteri Perhubungan,Budi Karya Sumadi,Gubernur NTB,Zulkieflimansyah,Pelabuhan Gili Mas,MotoGP2021,Lombok,KEK Mandalika

Menhub bersama Gubernur NTB inspeksi kesiapan Pelabuhan Gili Mas

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) H Zulkieflimansyah didampingi Direktur Teknik dan Operasional PT Pelindo III, Putut Sri Muljanto, saat melakukan inspeksi kesiapan infrastruktur penunjang dalam rangka menyambut perhelatan MotoGP Mandalika 2021 di Pelabuhan Gili Mas, Lembar Kabupaten Lombok Barat, Minggu (20/9/2020). (ANTARA/Nur Imansyah).

Lombok Barat, NTB (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat H Zulkieflimansyah melakukan inspeksi kesiapan infrastruktur penunjang dalam rangka menyambut perhelatan MotoGP Mandalika 2021 di Pelabuhan Gili Mas, Lembar Kabupaten Lombok Barat, Minggu.

"Kedatangan Menhub Budi Karya untuk memastikan sejauh mana kesiapan infrastruktur penunjang di NTB untuk menyambut event MotoGP di Mandalika," kata Direktur Teknik dan Operasional, PT Pelindo III, Putut Sri Muljanto.

Ia menjelaskan, luas area lahan pembangunan Pelabuhan Gili Mas mencapai 66 hektare dengan total investasi pembangunan sebesar Rp550 miliar.

Muljanto menyatakan saat ini Pelabuhan Gili Mas sudah mulai operasi untuk Kapal Pesiar. Selain itu ia menyampaikan untuk antisipasi kekurangan kamar hotel pada event MotoGP 2021, PT Pelindo III telah menyiapkan Hotel Terapung dengan kapasitas 2.000 sampai 3.000 penumpang di pelabuhan tersebut.

Di hadapan Menhub dan Gubernur NTB, Muljanto menegaskan bahwa PT Pelindo III telah siap menyambut perhelatan MotoGP Mandalika 2021.

"Kami PT Pelindo III sudah siap menyambut MotoGP Mandalika 2021 mendatang," katanya.

Dalam inspeksi ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur NTB H Zulkieflimansyah didampingi Direktur Teknik dan Operasional PT Pelindo III, Putut Sri Muljanto berkeliling melihat areal pelabuhan dan terminal Pelabuhan Gili Mas.

Diketahui, Pelindo III membangun dermaga dan terminal Gili Mas di Kabupaten Lombok Barat sudah dimulai sejak Juli 2018. Nantinya, pelabuhan ini akan menjadi salah satu pelabuhan terbesar di kawasan timur Indonesia (KTI).

Dermaga peti kemas dan kapal pesiar (cruise) tersebut dibangun sebagai pengembangan Pelabuhan Lembar yang berada di sisi timur Gili Mas. Dermaga Gili Mas akan mampu menampung kapal pesiar yang selama ini tidak dapat sandar di Pelabuhan Lembar.

Ada pun kapasitas lapangan kontainer diharapkan nantinya dapat menampung kapasitas 200.000 sampai 300.000 teus per tahun sehingga bisa memberikan kontribusi dalam menumbuhkan ekonomi di NTB.

Nilai investasi pengembangan terminal multifungsi untuk layanan kapal pesiar dan peti kemas tersebut mencapai Rp1,3 triliun.

Baca juga: Pelindo segera selesaikan fasilitas pelabuhan Gili Mas Lombok Barat

Baca juga: Pelindo pastikan tidak ada kapal pesiar batal ke Lombok

Baca juga: Pelabuhan Gili Mas rampung, kapal pesiar besar bersandar di Lombok

Baca juga: Pelindo minta Kemenhub revisi rencana induk Pelabuhan Gili Mas Lombok


 

Pewarta : Nur Imansyah
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar