Jakarta (ANTARA) - Suara dentuman sebanyak dua kali terdengar di RW 10 Kelurahan Pasar Minggu pada Ahad malam pukul 20.00 WIB dan pihak kelurahan sedang menelusuri informasi warga terkait hal itu.

"Ini kita lagi telepon-telepon unit kebakaran, sudah konfirmasi Damkar Sektor Pasar Minggu sampai saat ini aman," kata Lurah Pasar Minggu, Gita Puspita Sari.

Gita telah menelusuri suara dentuman melalui petugas piket di Kantor Kelurahan Pasar Minggu. Namun petugas menyatakan tidak mendengar suara dentuman yang dimaksud.

Suara dentuman di laporan melalui pesan grup perpesanan warga di RW masing-masing. Suara dentuman terdengar cukup keras oleh warga RW 10 Kelurahan Pasar Minggu.

"Terdengar keras di RW 01, sekitar pukul 20-an, sebanyak dua kali," kata Dila.

Selang lima menit setelah diinformasikan, warga kembali mendengar suara dentuman sebanyak satu kali. Suara dentuman terdengar seperti suara ban mobil besar meletus.

Baca juga: Terdengar suara dentuman di wilayah Jakarta
Baca juga: PVMBG pastikan suara dentuman di Bandung bukan karena vulkanik


Sesaat setelah suara dentuman terdengar, warga lantas mencari tahu sumber suara dentuman, tetapi tidak disertai dengan guncangan.

"Infonya pas terdengar, warga juga keluar rumah untuk mencari tau ada apa, tapi tidak ada guncangan," ujar Dila.

Jagat Twitter dihebohkan dengan suara dentuman yang terdengar di sejumlah wilayah di DKI Jakarta pada Ahad malam.

Informasi yang beredar di Twitter menyebutkan suara dentuman sebanyak dua kali terjadi di wilayah Pasar Minggu, Kalibata, Tebet hingga Cawang sekitar pukul 20.00 WIB.

Beragam komentar warganet menyebutkan dentuman bervariasi dari satu, dua hingga tiga kali. Dengan volume kecil hingga besar seperti suara dentuman meriam.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020