Dua pasien tambahan positif COVID-19 di Nunukan hasil kontak erat

id pasien COVID-19, kontak erat, tim gugus

Tim Gugus Tugas Nunukan menjelaskan perkembangan COVID-19 di Kabupaten Nunukan. (ANTARA/HO-Tim Gugus Tugas Nunukan)

Nunukan (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nunukan, Kalimantan Utara mengumumkan adanya tiga pasien positif COVID-19 hasil pemeriksaan swab dari Rumah Sakit Daerah Tarakan.

Ketiga pasien positif tersebut dua orang kontak erat dengan pasien NNK-54 dan satu lagi akibat perjalanan dari Kabupaten Maros, Sulsel.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Nunukan, Aris Suyono di Nunukan, Senin mengatakan dari sembilan sampel swab yang dikirim ke Rumah Sakit Daerah Tarakan pada 18 September 2020 tiga orang dilaporkan positif COVID-19. Adanya tambahan tiga pasien ini maka total positif COVID-19 di Kabupaten Nunukan berjumlah 57 orang.

Ia menerangkan, dari ketiga pasien positif COVID-19 baru ini dua orang diantaranya hasil kontak erat dengan pasien NNK-54. Salah satunya berjenis kelamin perempuan usia 29 tahun dengan kode NNK-55 beralamat di Kelurahan Nunukan Timur merupakan tenaga kesehatan RSUD Nunukan yang pernah merawat pasien NNK-54.

Kemudian pasien NNK-56 berjenis kelamin pria usia 31 tahun beralamat di Jalan Tanjung Kelurahan Nunukan Barat, juga hasil kontak erat dari pasien NNK-54. "Jadi pasien NNK-55 dan NNK-56 merupakan hasil kontak erat dengan pasien NNK-54. Salah satunya seorang tenaga kesehatan di RSUD Nunukan yang pernah merawat pasien NNK-54," sebut Aris.

Baca juga: 408 TKI deportasi tiba di Nunukan saat masih pandemi COVID-19

Baca juga: Saat pandemi COVID-19, ratusan TKI di Sabah dideportasi ke Nunukan


Selanjutnya, adanya tambahan tenaga kesehatan yang positif COVID-19 di Kabupaten Nunukan maka totalnya menjadi tiga orang, dua orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh," beber Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Nunukan ini.

"Jadi sampai hari ini jumlah tenaga kesehatan yang positif COVID-19 di Kabupaten Nunukan sudah ada tiga orang, dua diantaranya telah sembuh. Nakes dengan kode NNK-56 ini pernah merawat pasien NNK-54," ucap Aris.

Pasien lainnya berjenis kelamin perempuan berusia 50 tahun dengan kode NNK-57 berdomisili di Desa Binusan Kecamatan Nunukan merupakan pelaku perjalanan dari Kabupaten Maros, Sulsel. "Sebenarnya, pasien NNK-57 ini akan kembali ke Sulsel namun hasil pemeriksaan rapidnya dinyatakan positif sehingga dilanjutkan pemeriksaan swab," ungkap dia.

Sehubungan dengan tambahan tiga pasien positif ini, maka tim gerak cepat Puskemas Nunukan sedang melakukan "trakcing" bagi warga yang pernah melakukan kontak erat.

Aris menambahkan, Tim Gugus Tugas COVID-19 juga mendapatkan informasi swab follow up bahwa pasien NNK-54 masih dinyatakan positif meskipun pada pemeriksaan swab ketiganya telah dinyatakan negatif. 

Tim Gugus Tugas COVID-19 menekankan kembali sekaitan bertambahnya tiga pasien terkonfirmasi positif ini maka diimbau agar masyarakat selalu taat dan disiplin mematuhi protokol kesehatan. Sebab, saat ini ada transmisi komunitas yang memungkinkan terjadinya penularan di tengah-tengah masyarakat.

Baca juga: Tertahan saat pandemi, KRI Tawau fasilitasi pemulangan WNI ke Nunukan

Baca juga: Dua pasien COVID-19 sembuh, sisa satu orang yang dirawat

Pewarta : Rusman
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar