Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat merencanakan pembuatan pintu air untuk mencegah terjadinya genangan di depan TPU Karet Bivak, Tanah Abang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Pusat Glen Santista saat melakukan pemantauan saluran air penghubung (PHB) di Jalan Penjernihan 1, Selasa.

"Melihat kondisi tadi, kita mau usulkan untuk membuat pintu air. Karena saat ini sistemnya hanya ada Saluran Penghubung (PHB) Penjernihan I," ujar Glen.

Meski demikian, Glen mengatakan penjelasan lebih lanjut terkait teknis rencana pintu air di Penjernihan I itu harus ditanyakan kepada Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat.

"Kalau usulan pintu air mungkin baru bisa direalisasikan tahun depan. Biar Pak Kasudin saja nanti yang jelaskan," ujar Glen.

Baca juga: Hampir 1.000 petugas SDA Jakpus bersihkan saluran air
Baca juga: Jakpus cek saluran air setelah ada genangan di dekat TPU Karet Bivak


Untuk solusi jangka pendek, Glen mengatakan nanti selain menyiagakan satgas pihaknya juga membuat bendungan di PHB Penjernihan I.

"Nanti kita buat bendungan pakai karung pasir. Nanti airnya kita sedot pakai pompa air mobile jadi tidak terjadi genangan," ujar Glen.

Suku Dinas Bina Marga Jakarta Pusat bersama Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat telah melakukan pengecekan kondisi saluran air dengan membongkar beberapa bagian trotoar di dekat TPU Karet Bivak akibat sempat terjadinya genangan pada Senin (21/9) malam.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020