Pasien positif COVID-19 meninggal di Lebak bertambah jadi lima orang

id lebak

Warga Kabupaten Lebak, Banten dilakukan pemeriksaan tes usap oleh petugas medis guna penemuan kasus agar penyebaran COVID-19 di daerah ini bisa terdeteksi dan bisa dilakukan pencegahan.

Lebak (ANTARA) - Jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 meninggal dunia di Kabupaten Lebak, Banten, bertambah satu orang sehingga total menjadi lima orang.

"Kami mencatat sebanyak lima orang dilaporkan meninggal dunia akibat corona," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah di Lebak, Selasa.

Ia menyebutkan warga meninggal dunia setelah menjalani perawatan medis di RSUD Banten dan di antaranya terdapat warga Rangkasbitung.

Baca juga: Bupati Lebak prihatin kasus COVID-19 meningkat

Warga yang meninggal dunia akibat COVID-19 dimakamkan dengan mengikuti protokol penanganan jenazah pasien COVID-19.

"Kami mengapresiasi sejauh ini pemakaman COVID-19 di sini berjalan lancar dan tidak ada penolakan dari warga," katanya.

Menurut dia, berdasarkan data yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Lebak sampai dengan Selasa (22/9) sebanyak 148 orang dan 54 orang di antaranya dinyatakan sembuh dan 89 orang menjalani isolasi mandiri di rumah maupun perawatan medis di RSUD Banten.

Sedangkan, kata dia, warga yang meninggal dunia itu dilaporkan sebanyak lima orang.

Baca juga: Kasus konfirmasi positif COVID-19 Lebak bertambah menjadi 111 orang

Penyebaran virus corona di Kabupaten Lebak trenya meningkat sejak sepekan terakhir ini akibat rendahnya masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Masyarakat jika keluar rumah wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Lebak bertambah enam total jadi 92 orang

Di samping itu masyarakat juga dapat menghindari kerumunan dan keramaian guna mencegah penyebaran COVID-19 sebab kerumunan dan keramaian sangat berpotensi menjadi lokasi penularan virus corona.

"Kami minta warga dapat menerapkan protokol kesehatan dan jika keluar rumah selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna memutus mata rantai pandemi COVID-19," katanya.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Lebak bertambah menjadi 34 orang

 

Pewarta : Mansyur suryana
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar