Billy Donovan dinobatkan jadi pelatih Chicago Bulls

id NBA, Chicago Bulls,Billy Donovan

Billy Donovan (kedua dari kanan) saat menjadi pelatih kepala Oklahoma City Thunder pada pertandingan playoff babak pertama NBA 2020 di ESPN Wide World of Sports Complex di Lake Buena Vista, Florida, AS, 31 Agustus 2020. (REUTERS/USA TODAY Sports/Kim Klement)

Jakarta (ANTARA) - Billy Donovan akan menjadi pelatih kepala Chicago Bulls berikutnya, umum tim NBA itu seperti dikutip Reuters.

Dia menggantikan Jim Boylen yang hengkang Agustus silam setelah membukukan catatan menang-kalah 39-84 sejak diangkat menjadi pelatih Chicago pada 3 Desember 2018.

Persyaratan kontrak Donovan tidak diumumkan oleh Bulls.

"Dengan senang sekali kami menyambut Billy dan keluarganya di Chicago Bulls. Keberhasilan yang dia capai selama karir kepelatihannya menempatkan dia pada level yang berbeda," kata Arturas Karnisovas, wakil presiden eksekutif urusan operasi bola basket Bulls.

"Baik sewaktu menjadi pemain maupun sebagai pelatih, dia sudah menang di mana-mana sepanjang kariernya, dan kami berharap itu akan terus berlanjut di sini di Chicago."

Baca juga: Jersey pertama Michael Jordan di Chicago Bulls dilelang
Baca juga: Heat menangi gim satu final Wilayah Timur NBA melalui over time
Baca juga: Raptors perpanjang kontrak Nick Nurse


Donovan yang musim ini dinobatkan sebagai pelatih NBA terbaik ketiga, meninggalkan Thunder awal bulan ini setelah Oklahoma City kalah 102-104 pada Game 7 playoff Wilayah Barat pertama tim itu melawan Houston Rockets. Donovan (55) menuntaskan kontrak lima tahun dengan Thunder yang dia teken pada April 2015.

Di bawah asuhan Donovan, Thunder membuat catatan menang-kalah 243-157 dan lima kali berturut-turut masuk playoff. Persentase kemenangannya hanya kalah dari Nick Nurse, Steve Kerr dan Gregg Popovich.

Pada musim pertamanya bersama Oklahoma City Thunder, dia membawa tim ini mengemas catatan menang-kalah 55-27 yang berpuncak pada final Wilayah Barat ketika mereka dikalahkan tujuh game oleh Golden State Warriors.

Donovan sempat 19 tahun melatih tim kampus Universitas Florida.

Baca juga: D'Antoni mengundurkan diri sebagai pelatih Houston Rockets
Baca juga: Jadi pelatih Nets, Steve Nash tolak tuduhan hak istimewa kulit putih
Baca juga: Celtics bangkit dari kekalahan beruntun untuk ubah kedudukan 1-2


 

Pewarta : Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar