Mantan bos Ferrari bakal jadi CEO Formula 1

id Formula 1, Ferrari,Stefano Domenicali

Foto arsip 7 Juni 2013, Stefano Domenicali saat menjadi Team Principal Ferrari. Domenicali akan menggantikan Chase Carey sebagai kepala eksekutif Formula Satu sebelum awal musim depan. (AFP/Paul Gilham)

Jakarta (ANTARA) - Mantan bos tim Ferrari Stefano Domenicali akan menggantikan Chase Carey sebagai kepala eksekutif Formula 1 sebelum awal musim depan, kata sumber-sumber senior seperti dikutip Reuters, Rabu.

Belum ada pernyataan resmi dari Formula 1 yang dimiliki Liberty Media. Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh racefans.net dan kemudian dikonfirmasikan oleh Reuters.

BBC juga mengutip beberapa sumber senior yang memastikan penunjukan itu.

Baca juga: Chase Carey donasikan 1 juta dolar untuk mendorong keberagaman di F1
Baca juga: Bos Ferrari akui timnya "sedang di dalam lubang"


Domenicali (55) saat ini adalah ketua dan kepala eksekutif produsen Lamborghini dan juga menjabat ketua komisi FIA. Pria Italia ini memimpin Ferrari dari 2008 sampai 2014.

Carey mengepalai Formula 1 sejak 2017 ketika Liberty Media yang berbasis di AS mengambil alih dan menendang mantan supremo Bernie Ecclestone yang tetap menjadi chairman.

Racefans.net melaporkan bahwa pria Italia itu diperkirakan akan mengisi posisi kepala eksekutif sebelum awal musim depan. BBC menyebutkan semua bos tim Formula 1 sudah diberi tahu soal ini.

Penunjukan ini membuat tiga dari jabatan-jabatan puncak di Formula 1 diduduki olah orang-orang Ferrari.

FIA saat ini diketuai mantan bos tim Ferrari asal Prancis, Jean Todt, sedangkan direktur pelaksana motosport Formula 1 Ross Brawn adalah mantan direktur teknik Ferrari.

Masa jabatan ketiga Todt akan berakhir tahun depan dan dia diperkirakan tidak akan mencalonkan lagi.

Baca juga: Formula 1 hadapi realita baru di tengah pandemi, kata presiden FIA
Baca juga: Grand Prix Jerman boleh dihadiri hingga 20 ribu penonton

 

Pewarta : Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar