Kemenkes siapkan protokol pencegahan COVID-19 di pengungsian

id protokol kesehatan,pencegahan covid,covid di pengungsian

Arsip Foto. Suasana tempat pengungsian korban kebakaran di Jalan Rawa Bahagia, Pondok Kopi, Jakarta, Jumat (21/8/2020). (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 di tempat pengungsian guna menghadapi kemungkinan terjadi pengungsian akibat bencana selama musim penghujan.

Kepala Pusat Data dan Informasi Direktorat Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes Didik Budijanto saat dihubungi lewat telepon dari Jakarta, Kamis, menjelaskan bahwa sudah ada pembahasan mengenai penyusunan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 di tempat pengungsian.

Pembahasannya, menurut dia, mencakup pengaturan tempat pengungsian untuk memungkinkan penerapan protokol pencegahan COVID-19 seperti menjaga jarak dan meminimalkan kerumunan.

"Yang pertama tentu protokol kesehatan dari sisi imun. Kemudian ada plus-plusnya lagi. Sedang digodok dengan teman-teman," kata Didik.

Ia mengatakan bahwa penyusunan protokol kesehatan khusus di tempat pengungsian dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek namun tidak memberikan penjelasan terperinci mengenai hal itu.

"Ada berbagai aspek yang harus dipertimbangkan, tetapi mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa dikeluarkan," katanya.

Baca juga:
Ahli epidemiologi: Waspadai potensi penularan COVID-19 di pengungsian
DKI Jakarta siapkan lebih banyak tempat pengungsian demi terapkan protokol pencegahan COVID-19

Pewarta : Katriana
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar