Inflasi yang akan lebih terkendali ke depan, dengan pertimbangan bahwa harapan terhadap daya beli masyarakat semakin baik, juga dipengaruhi oleh tersedianya komoditas kebutuhan masyarakat yang dipicu masa panen.
Makassar (ANTARA) -
Bank Indonesia optimistis inflasi di Sulawesi Selatan pada triwulan III 2020  akan lebih rendah dari triwulan II (yoy) yang tercatat 2,3 persen.

Pada Business Gathering 2020 yang digelar BI Sulsel secara virtual di Makassar, Kamis, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel Bambang Kusmiarso mengatakan optimisme itu mengacu pada perkembangan inflasi Sulsel dari triwulan II 2020 yang lebih rendah dibandingkan triwulan I yang masih tercatat 2,5 persen (yoy).

"Inflasi yang akan lebih terkendali ke depan, dengan pertimbangan bahwa harapan terhadap daya beli masyarakat semakin baik, juga dipengaruhi oleh tersedianya komoditas kebutuhan masyarakat yang dipicu masa panen," katanya.

Baca juga: Gubernur BI: Tantangan inflasi tahun depan lebih berat

Bambang mengatakan, langkah lainnya telah dilakukan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulsel dan juga melalui Rakorwil TPID Wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) yang diikuti 10 provisi.

"Dari Rakorwil TPID Sulampua itu disimpulkan bahwa ke depan dapat kerja sama antardaerah dan pertukaran data harus semakin ditingkatkan guna mendukung pengendalian inflasi di wilayah Sulampua," katanya.

Mencermati semua itu, lanjut dia, pihaknya optimistis inflasi triwulan III hingga IV 2020 akan terus mengalami perbaikan.

Baca juga: BI perkirakan mulai Oktober hingga akhir tahun inflasi kembali naik

Hal senada dikemukakan Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah pada kesempatan yang sama.

Menurut dia, dengan situasi kondusif dapat membuat pertumbuhan ekonomi Sulsel tumbuh lebih baik.

Hal itu didukung dengan  kebijakan yang sudah ditempuh Pemprov Sulsel dalam upaya penerapan protokol kesehatan sambil mendorong pemulihan ekonomi.
Tangkapan layar Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah pada Business Gathering 2020 sevara virtual di Makassar, Kamis (24/9/2020). ANTARA Foto / Suriani Mappong

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020