Bupati Pesisir Selatan salurkan bantuan ke korban banjir Painan

id berita pesisir selatan,berita sumbar,banjir

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni didampingi Ketua TP-PKK setempat, Lisda Hendrajoni saat meninjau lokasi banjir di Kampung Muaro. (ANTARA/Istimewa)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menyalurkan bantuan ke korban banjir di Kampung Muaro, Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai.

"Bantuan yang disalurkan berupa pakaian, makanan cepat saji dan lainnya," kata Hendrajoni didampingi Ketua TP-PKK setempat, Lisda Hendrajoni disela kegiatan di Painan, Kamis.

Ia menyebut terdapat beberapa lokasi yang terendam banjir di Painan, hanya saja yang terparah berada di Kampung Muaro. "Ketinggian air mencapai lebih kurang 100 sentimeter, dan mudah-mudahan tidak bertambah lagi." 

Ia mengatakan selain karena intensitas hujan yang tinggi, banjir di Kampung Muaro juga disebabkan karena secara bersamaan terjadi pasang laut sehingga air hujan tertahan menuju lautan.

Terkait kondisi saat ini pihaknya telah memerintahkan perangkat daerah terkait menyiapkan sarana dan prasarana untuk menghadapi berbagai kemungkinan.

Baca juga: Ratusan rumah di Kabupaten Pesisir Selatan terendam banjir

Baca juga: BPBD Padang catat 15 titik banjir di Padang akibat curah hujan tinggi

"Personel BPBD telah saya perintahkan untuk siaga di lokasi dan lengkap dengan berbagai peralatan seperti rompi serta perahu karet," tambahnya.

Sementara itu, Lisda Hendrajoni yang juga anggota Komisi VIII DPR RI, menyebutkan, selain bantuan sebagai aksi tanggap, pihaknya bersama dengan bupati juga akan membangun dapur umum di lokasi.

"Pembangunan dapur umum akan disegerakan, mengingat banjir terjadi sejak sore tadi sehingga ibu-ibu tidak sempat menyiapkan hidangan santap malam untuk keluarganya," ujarnya.

 Sementara itu, Wali Nagari Painan Selatan, Martodi yang juga hadir, mewakili warga menyampaikan terimakasih atas respon cepat Bupati Pesisir Selatan.

“Kami sempat kewalahan, karena banjir merendam hampir seluruh wilayah, terutama di Kota Painan. Aksi tanggap pak bupati dan istri cukup membantu,” ujarnya.

Baca juga: BMKG: Waspadai potensi banjir rob di pesisir utara dan selatan Jawa

Baca juga: Hujan lebat akibatkan longsor dan banjir di Padang

 

Pewarta : Miko Elfisha
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar