Jakarta (ANTARA) - CEO Tesla Elon Musk mengatakan bahwa versi uji dari sistem Autopilot perusahaan akan dirilis dalam "sebulan atau lebih", USA Today melaporkan, Sabtu.

Meskipun dia tidak menjelaskan kemampuannya, Musk mengatakan bahwa "ini jelas akan berhasil."

Sejumlah perusahaan rintisan dan pembuat mobil berlomba-lomba mengembangkan teknologi swakemudi atau self-driving. Meskipun telah diuji coba, sistem yang sepenuhnya menggerakkan mobil dalam segala keadaan tanpa campur tangan pengemudi itu belum menjadi fitur pada mobil populer.

Sistem Tesla saat ini mengharuskan pengemudi untuk selalu memperhatikan di belakang kemudi.

Musk mengatakan sebelumnya bahwa mobil listrik terbaru perusahaan memiliki semua perangkat keras yang mereka butuhkan untuk mengemudi sendiri. Yang masih kurang hanyalah perangkat lunaknya.

Baca juga: VW sesumbar langkahi pencapaian Tesla

Baca juga: GM dan Nikola "keroyok" Tesla di segmen truk listrik


Untuk mencapai langkah selanjutnya, Musk mengatakan timnya harus sepenuhnya membuat ulang perangkat lunak Autopilot. Dia sendiri telah menguji versi mutakhirnya.

Musk mengatakan dia yakin bahwa Autopilot canggih akan memungkinkan Tesla menjadi 10 kali lebih kecil kemungkinannya untuk terlibat dalam kecelakaan serius daripada rata-rata kecelakaan mobil secara umum.

Lebih lanjut, ia mengharapkan semua pembuat mobil pada akhirnya menawarkan kendaraan listrik dan swakemudi mereka sendiri, sehingga Tesla akan berdiri terpisah dengan menjadi produsen berbiaya rendah.

Musk juga mengatakan dia berencana untuk menghemat begitu banyak biaya dari teknik manufaktur perintis dan inovasi baterai sehingga perusahaan akan dapat menawarkan model listrik swakemudi dengan harga rendah.

"Saya pikir mungkin sekitar tiga tahun dari sekarang kami yakin kami dapat membuat kendaraan listrik seharga 25.000 dolar AS, yang juga sepenuhnya otonom," kata Musk.

Selain empat sedan dan SUV, perusahaan berencana untuk menjual truk listrik bertajuk Cybertruck, yang diklaim telah dipesan sebanyak 500 ribu orang.

Baca juga: Tesla menang gugatan kasus pencurian data oleh mantan pegawai

Baca juga: Tesla berencana ekspor Model 3 buatan China ke Asia dan Eropa

Baca juga: Startup truk listrik Nikola dituding tipu investor
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020