Jakarta (ANTARA) - Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Aryo Hanggono yang wafat akibat COVID-19 di Jakarta, Senin pagi, mulai dirawat setelah mengikuti kunjungan kerja rombongan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ke Kalimantan Timur.

"Mohon dimaafkan apabila beliau dalam berinteraksi dengan Bapak/Ibu terdapat kekurangan dan kekhilafan," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Luar Negeri KKP Agung Tri Prasetyo dalam grup WA di Jakarta, Senin pagi.

Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Aryo Hanggono, terpapar oleh penyakit COVID-19 setelah kunjungan kerja rombongan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ke sejumlah daerah, terakhir dari Kalimantan Timur.

Baca juga: Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP meninggal akibat COVID-19

Dalam kunjungan kerja ke Kaltim tersebut, Aryo Hanggono mengikuti sejumlah acara bersama-sama Menteri Edhy, antara lain dalam acara pelepasan tukik di Maratua, salah satu pulau kecil terluar di wilayah Kaltim.

Rombongan Menteri Edhy, yang termasuk Dirjen PRL Aryo Hanggono, berada di sana pada beberapa hari pada awal pekan pertama bulan September 2020.

Sepulang dari kunjungan kerja tersebut, dikabarkan bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan bersama sejumlah orang terpapar COVID-19.

Wartawan telah berulangkali bertanya mengenai kabar tersebut, dan baru mendapat informasi resmi dari Juru Bicara Khusus Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Dalam rilis berbentuk rekaman suara yang disebarkan kepada wartawan di Jakarta, 16 September, membenarkan bahwa kader partainya, yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, dirawat karena COVID-19.

Baca juga: KKP: pengelolaan kelautan harus libatkan masyarakat adat

Sufmi Dasco Ahmad ketika itu menyatakan, hasil swab atau uji usap terakhir Menteri Edhy sudah dalam keadaan negatif.

Awalnya Edhy Prabowo ditangani di RS Polri Kramat Jati, dan kemudian dipindahkan ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Aryo Hanggono juga diberitakan sejumlah media meninggal di RSPAD Gatot Subroto pada 28 September sekitar pukul 04.50 WIB.

Aryo Hanggono mendapatkan perawatan di RSPAD Gatot Subroto sejak sekitar tanggal 9 September lalu.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020