seperti para dokter yang berjuang melayani pasien
Jakarta (ANTARA) - Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta masyarakat berperan sebagai pahlawan kemanusiaan dengan saling mengingatkan warga untuk menerapkan protokol kesehatan yang mampu mencegah penyebaran COVID-19.

"Mereka yang berani menyampaikan pesan untuk patuh pada protokol kesehatan sebenarnya adalah pahlawan-pahlawan kemanusiaan sama halnya seperti para dokter yang berjuang melayani pasien COVID-19 di rumah sakit," kata Doni Monardo dalam diskusi Satgas Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta pada Senin.

Menurut Doni, mengingatkan akan pentingnya protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak dilakukan demi kebaikan dan keselamatan bersama mengingat penularan COVID-19 terjadi antarmanusia.

"Kita perlu saling mengingatkan kepada semua orang, kepada siapa saja termasuk orang-orang yang mungkin secara status sosial lebih tinggi dari kita,"

Baca juga: Ketua Satgas: Patuh protokol berarti jadi bagian pahlawan kemanusiaan

Pria yang menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu mengatakan semakin banyak orang yang berani menyampaikan pesan saling mengingatkan kepatuhan protokol kesehatan maka akan semakin banyak pula masyarakat yang terhindar dari penularan penyakit yang menyerang sistem pernapasan itu.

Hal itu penting karena menurut survei Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan masih ada bagian masyarakat percaya mereka tidak akan tertular COVID-19, dengan 17 persen dari 90.967 responden survei BPS menyatakan sangat tidak mungkin atau tidak mungkin terinfeksi COVID-19.

Terkait hal itu, Doni berharap dengan semakin gencarnya sosialisasi dan edukasi yang dilakukan banyak pihak maka semakin banyak masyarakat yang sadar bahwa COVID-19 adalah ancaman yang nyata.

Baca juga: Gugus Tugas: Tenaga medis adalah pahlawan kemanusiaan
Baca juga: KSP: Tenaga medis yang meninggal adalah pahlawan kemanusiaan

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020