Hari ini saya meninjau sekaligus mengontrol telah dimulainya penataan kawasan wisata Labuan Bajo. Di sini memang dibangun di titik-titik kawasan yang telah kita tentukan yang telah direncanakan tahun lalu
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan sejumlah prasarana pariwisata yang berada di Kampung Ujung, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Hari ini saya meninjau sekaligus mengontrol telah dimulainya penataan kawasan wisata Labuan Bajo. Di sini memang dibangun di titik-titik kawasan yang telah kita tentukan yang telah direncanakan tahun lalu," kata Presiden Jokowi di Manggarai Barat, NTT.

Presiden Jokowi meninjau perkembangan penataan kawasan setempat melalui pembangunan dan penataan jalan, pedestrian, tepi pantai, serta drainase pendukung.

Baca juga: Kominfo: internet di Labuan Bajo untuk dukung pariwisata

"Dan di sini sudah dimulai di kawasan Goa Batu Cermin yang sudah dimulai seperti ini, ini sudah selesai 47 persen dan terus akan kami proses," tambah Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, kawasan Kampung Ujung sampai ke kawasan marina akan ditata trotoarnya.

"Kemudian pelabuhan lama yang akan semuanya kita rombak, pelabuhannya kita pindah ke pelabuhan yang baru di Wae Kelambu. Kita harapkan tahapan yang pertama akan selesai di akhir tahun 2020 kemudian tahapan kedua akan selesai di tahun 2021," tambah Presiden Jokowi.

Sebelum melakukan peninjauan di Kampung Ujung, Kepala Negara terlebih dahulu meninjau sejenak kawasan Pelabuhan Labuan Bajo.

Baca juga: BOPLBF bangkitkan pariwisata Labuan Bajo melalui famtrip

Dari Kampung Ujung, rangkaian kunjungan kerja tersebut kemudian Presiden Jokowi lanjut meninjau kawasan dan sarana gedung di Batu Cermin yang berjarak kurang lebih 5,3 kilometer dari lokasi peninjauan pertama.

"Kemudian juga penataan kawasan di Puncak Waringin yang di situ akan dipakai untuk mendisplai handycraft produk-produk dari NTT terutama tenun dan lain-lain, ukiran dan lain," ungkap Presiden Jokowi.

Penataan masih akan terus dilakukan hingga ke Pulau Rinca, lokasi binatang yang dilindungi komodo.

Baca juga: Menhub pastikan pembangunan infrastruktur di Labuan Bajo tetap jalan

"Di mana kita bisa melihat komodo dilakukan penataan yang disesuaikan semua dengan alam di lingkungan kawasan itu sehingga kelihatan natural, siapapun yang berkunjung dan kawasan Labuan Bajo menjadi kawasan yang betul-betul premium," kata Presiden Jokowi.

Selain itu Kepala Negara dan rombongan terbatas juga sejenak meninjau proyek pembangunan terminal multifungsi yang berada di daerah Wae Kelambu. Terminal tersebut nantinya akan fokus dan diperuntukkan untuk mendukung aktivitas bongkar muat peti kemas kapal.

Selepas peninjauan sejumlah prasarana tersebut, Presiden Jokowi akan menyerahkan bantuan modal kerja bagi para pelaku usaha mikro dan kecil dari Labuan Bajo.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam rangkaian kunjungan kerja tersebut di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.

Baca juga: Taman Nasional Komodo terapkan registrasi online perketat wisatawan

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020