Bantuan sembako disalurkan untuk empat pulau permukiman
Jakarta (ANTARA) - Relawan Rumah Sandi Uno Indonesia menyalurkan 100 bantuan paket sembako untuk warga terkena dampak pandemi virus corona (COVID-19) di Kepulauan Seribu, Kamis.

Bantuan sembako diangkut dari dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara menuju dermaga kantor Kecamatan Kepulauan Seribu Utara di Kelurahan Pulau Kelapa, sekitar dua jam perjalanan.

"Bantuan sembako disalurkan untuk empat pulau permukiman yakni Pulau Kelapa, Pulau Kelapa dua, Pulau Harapan dan Pulau Lancang," kata Ketua Relawan Rumah Sandi Uno Indonesia, Sanny A Irsan di Jakarta, Kamis.

Sanny menjelaskan akibat pandemi COVID-19, perekonomian masyarakat di Kepulauan Seribu terkena dampak cukup signifikan. Pembatasan transportasi dari daratan Jakarta juga mempengaruhi mata pencaharian masyarakat.

"Pariwisata untuk sementara waktu berhenti, selain itu pemasaran hasil laut juga tidak maksimal," jelas Sanny.

Paket sembako itu merupakan ketiga kalinya disalurkan selama pandemi COVID-19 di Jakarta terdiri dari beras, mie instan, minyak, gula pasir dan kecap manis.

Sementara itu, Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Sandiaga Uno menyaksikan penyerahan simbolis sembako itu melalui tayangan virtual.

"Semoga bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat," ujar Sandi.

Sandi berpesan untuk semua relawan agar terus bergerak untuk menebarkan benih-benih kebaikan serta meringankan beban masyarakat.

"Terimakasih untuk bantuan ini, karena sangat membantu selama perekonomian selama pandemi COVID-19," kata salah seorang warga Pulau Kelapa, Rani.

Sejak pandemi COVID-19 di Indonesia, RIB telah melaksanakan puluhan kali aksi sosial dimulai dari pembagian bansos sembako hingga tes massal COVID-19 dan uji usap PCR.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 88 tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Menangani COVID-19 di Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: RIB bantu Pemkot Jaksel cegah COVID-19 dengan uji cepat massal
Baca juga: Relawan Indonesia Bersatu gelar tes cepat COVID-19 di Tanah Abang

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020