1.863 warga Padang telah sembuh dari COVID-19

id covid 19 di padang

Sejumlah petugas medis bersiap memeriksa kondisi pasien COVID-19 di rumah nelayan Lubukbuaya, Padang, Sumatera Barat (Antara/Iggoy El Fitra)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 1.863 warga Padang telah sembuh dari Corona Virus Disease (COVID-19) berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan setempat hingga Kamis 1 Oktober 2020.

"Untuk hari ini ada penambahan 90 kasus sembuh, total yang dinyatakan sehat 1.863 dari 3.126 warga Padang yang terinfeksi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani Hamid di Padang, Kamis.

Menurut dia, pasien COVID-19 di Padang didominasi oleh orang tanpa gejala yang hingga hari ini berjumlah 720 orang dan bergejala 476 orang.

Baca juga: Padang beri penghargaan kepada 64 lembaga yang bantu tangani COVID-19

"Karena pasien tanpa gejala proses kesembuhan berlangsung lebih cepat ada yang hanya sepekan sudah dinyatakan negatif," ujarnya.

"Ini juga tergantung daya tahan tubuh yang membentuk antibodi untuk melawan virus tersebut," katanya lagi.

Ia menyampaikan kesembuhan pasien tersebut juga berkat kemauan untuk sembuh serta tekad kuat agar terbebas dari virus corona.

Baca juga: Cerita Wakil Wali Kota Padang dinyatakan sembuh dari COVID-19

Selain itu, pasien yang berhasil sembuh juga mampu meningkatkan daya tubuh, mau mengonsumsi makanan yang bergizi dan dianjurkan, serta minum obat yang disarankan.

"Pasien juga mampu menghindari stres ketika dinyatakan positif COVID-19," kata dia.

Akan tetapi ia mengingatkan siapa saja yang pernah sembuh dari virus corona dapat terinfeksi kembali.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di DIY bertambah 49

“Virus sifatnya mudah bermutasi. Sekarang kita tidak mengetahui apakah virus tersebut sudah bermutasi di Padang,” katanya.

Feri mengatakan antibodi dan daya tahan tubuh mereka yang pernah sembuh dari COVID-19 memang telah terbentuk dengan baik.

Baca juga: Positif COVID-19 di Indonesia bertambah 4.174, sembuh 3.540 orang

Namun saat ini virus corona dapat bermutasi dan menginfeksi siapa saja oleh sebab itu masyarakat diimbau tetap mengenakan masker di masa pandemi ini.

“Jika sudah sembuh, tetap kenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan terus meningkatkan imunitas tubuh,” ujarnya,

Baca juga: Kasus positif COVID-19 Pasaman Barat bertambah dua orang
 

Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar