Seorang tahanan Polrestabes Palembang positif COVID-19

id Tahanan polrestabes positif COVID-19, tahanan positif, COVID-19 palembang, polrestabes palembang, kombes pol anom setyadji

Seorang tahanan Polrestabes Palembang positif COVID-19

Tim medis membawa seorang tahanan Polrestabes Palembang yang terkonfirmasi positif Covid-19, di Palembang, Jumat (2/10). ANTARA/HO

Palembang (ANTARA) - Seorang tahanan Polrestabes Palembang dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19 dan telah dijemput tim kesehatan untuk menjalani isolasi di RSUD Bari Palembang.

Kepala Polrestabes Palembang, Komisaris Besar Polisi Anom Setyadji, di Palembang, Jumat, mengatakan, tahanan itu berinisial A (17) yang berstatus terpidana kasus pencurian dengan kekerasan. "Ketika hasil swabnya positif, langsung kami minta tim kesehatan menjemputnya," ujar dia.

Terkonfirmasinya A berawal dari upaya Kejaksaan Negeri Palembang yang ingin memindahkan sebagian tahanan titipan di Polrestabes Palembang ke Lapas Pakjo, salah satunya A yang sudah berstatus inkraacht

Sebelum dipindahkan, A beserta 10 tahanan lainnya diuji cepat sesuai prosedur pemindahan selama situasi Covid-19, kemudian hasil pemeriksaan cepat A menunjukkan hasil reaktif dan ia sempat dipisahkan dari tahanan lain.

Baca juga: Polda Metro tes usap Covid-19 pada 300 tahanan

Lalu A diminta menjalani uji swab dan ternyata hasilnya positif Covid-19, kini ia dipindahkan ke RSUD Bari di Palembang di bawah pengawasan jaksa Kejaksaan Negeri Palembang.

Setyadji mengakui jumlah tahanan di Polrestabes Palembang melebihi kapasitas, terdapat 937 orang tahanan dengan 600 di antaranya merupakan titipan Kejaksaan Negeri Palembang.

Baca juga: Satu tahanan KPK dirawat di RSPAD akibat positif COVID-19

Akibat kelebihan kapasitas itu maka penanggulangan Covid-19 di sana menjadi cukup menyulitkan dalam proses pemindahan tahanan ke LP Pakjo di Palembang. "Kami belum tahu tahanan yang positif itu tertular dari mana, tapi sel tahanan sudah kami sterilkan dan tahanan lain akan diperiksa juga," katanya.

Sebagai antisipasi juga, kata dia, tahanan bergejala Covid-19 akan langsung di periksa guna mencegah sel tahanan menjadi klaster baru di Palembang.

Baca juga: 22 tahanan positif, Pariaman sediakan gedung isolasi khusus

Pewarta : Aziz Munajar
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar