Kemarin, persiapan "Denfest 2020" hingga sirine tsunami di Banten

id Denpasar Festival 2020,TNI Manunggal Membangun Desa,Peringatan Dini Tsunami,Pandemi COVID-19,Denfest 2020,Boven Digoel,Pancasila,Isolasi Mandiri,Hotel

Ilustrasi - BMKG melakukan uji coba alat peringatan dini tsunami di Kabupaten Cilacap. ANTARA/HO-Dok. pribadi

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pembaca kemarin mulai dari persiapan "Denpasar Festival 2020" atau "Denfest 2020" di tengah pandemi COVID-19 hingga dua sirine peringatan dini tsunami di Banten yang sudah kembali berfungsi.

1. Pemkot Denpasar persiapkan "Denfest 2020" di tengah pandemi

Pemerintah Kota Denpasar tetap melakukan persiapan untuk menggelar ajang "Denpasar Festival 2020" atau "Denfest 2020" di tengah pandemi COVID-19 yang dimulai sejak awal Oktober, antara lain ajang kreatif dan pameran foto virtual.

"Persiapan ajang 'Denfest' tahun ini berbeda dibanding tahun sebelumnya. Saat ini harus lebih ketat dan wajib mengacu protokol kesehatan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani di Denpasar, Kamis (1/10).

2. Anggota TNI ajarkan Pancasila kepada siswa SD di perbatasan Boven Digoel

Sejumlah anggota TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) mengajarkan Pancasila kepada siswa SD YPPK Kampung Kakuna Distrik Minidiptana, Boven Digoel, Papua.

Dengan mengajarkan ilmu pengetahuan umum seperti makna lambang bendera Merah Putih dan dasar-dasar Pancasila diharapkan dapat memicu para siswa agar belajar lebih giat sehingga menjadi generasi muda Boven Digoel yang maju dan berdaya saing.

3. Hotel di Cirebon disewa tiga bulan untuk ruang isolasi

Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat menyewa salah satu hotel di kota tersebut selama tiga bulan untuk menjadi ruang isolasi bagi orang yang dinyatakan positif COVID-19.

Jumlah pasien COVID-19 di Kota Cirebon terus meningkat sehingga tempat yang ada sebelumnya telah penuh.

4. Pemerintah tetapkan tarif tes PCR maksimal Rp900 ribu

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menetapkan biaya pemeriksaan tes polymerase chain reaction (PCR) untuk pengujian COVID-19 maksimal Rp900 ribu di seluruh Indonesia.

"Kami dari Kementerian Kesehatan dan BPKP menyetujui ada kesepakatan bersama terkait batas tertinggi harga pemeriksaan swab RT-PCR secara mandiri sebesar Rp900 ribu," kata Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Abdul Kadir dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual di Jakarta, Jumat (2/10).

5. Dua sirine peringatan dini tsunami di Banten sudah berfungsi

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Nana Suryana memastikan dua sirine peringatan dini tsunami yang ada di Kecamatan Labuan dan Panimbang, Kabupaten Pandeglang yang sudah lama tidak berfungsi kini sudah kembali berfungsi seperti semula.

"Ya, Alhamdulillah sudah berfungsi kembali setelah adanya koordinasi antara BPBD Banten dengan BMKG pusat," kata Nana Suryana, di Serang, Kamis (1/10) malam. 

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar