Penerapan protokol kesehatan bagi pemain tersebut salah satunya diisolasi sudah dilakukan beberapa hari ini dan ditangani langsung dokter tim Benny Suripatty
Jakarta (ANTARA) - Satu pemain Persipura Jayapura terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil Swab Test yang dilakukan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator liga beberapa waktu lalu.

Dalam keterangan resmi di media sosialnya, Sabtu, Persipura tidak menyebutkan nama pemain yang terkonfirmasi tersebut namun yang bersangkutan tengah menjalani isolasi mandiri sebagai penerapan protokol kesehatan.

Sementara pemain lain yang sempat kontak erat dengan yang terkonfirmasi positif, telah diperiksa ulang.

Baca juga: Persipura ingin uji coba melawan Persebaya

"Penerapan protokol kesehatan bagi pemain tersebut salah satunya diisolasi sudah dilakukan beberapa hari ini dan ditangani langsung dokter tim Benny Suripatty," tulis pernyataan klub.

Sebelumnya, Persebaya Surabaya juga mengkonfirmasi bahwa enam anggota tim terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap PCR yang dilakukan PT Liga Indonesia Baru selaku operator liga beberapa hari lalu.

Presiden Persebaya Azrul Ananda merici dari keenam itu empat di antaranya adalah pemain dan dua lainnya merupakan ofisial tim.

Baca juga: Empat pemain Persebaya Surabaya terkonfirmasi positif COVID-19

"Apa yang dikhawatirkan lebih cepat dari dugaan. Ada anggota tim Persebaya yang positif," kata dia.

Persebaya meminta agar menjadi perhatian PT LIB, bahwa ancaman COVID-19 terhadap jalannya kompetisi adalah nyata dan bukan tidak mungkin kejadian-kejadian lain akan muncul selama kompetisi berjalan.

"Musim ini bukan musim normal, dan tidak akan menjadi musim normal. Tak hanya Persebaya, ini bisa terjadi pada siapa saja. Karena itu, semoga apa yang terjadi ini bisa menjadi pelajaran bersama," katanya.

Baca juga: Persebaya belum berencana pulangkan pemain karena penundaan Liga 1
Baca juga: Persipura ubah tujuan berlatih dari kompetisi ke jaga daya tahan tubuh

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020