Kanada kurangi pembatasan perbatasan untuk reunifikasi keluarga

id Kanada,Reunifikasi keluarga,Perbatasan,Amerika Serikat

Kanada kurangi pembatasan perbatasan untuk reunifikasi keluarga

Dokumentasi - Gerbang perbatasan Amerika Serikat dan Kanada ditutup menyusul meningkatnya wabah virus corona (COVID-19) di Lacolle, Quebec, Kanada (17/4/2020). ANTARA/REUTERS/Christinne Muschi/aa.

Ottawa (ANTARA) - Kanada akan melonggarkan beberapa pembatasan di perbatasan Kamis depan (8/10) agar lebih banyak keluarga bisa bertemu kembali, kata pemerintah pusat di Ottawa, Jumat.

Pemerintah juga berencana mengizinkan beberapa siswa internasional baru untuk menghadiri lembaga-lembaga pembelajaran.

Kanada dan Amerika Serikat telah melarang perjalanan yang tidak penting melintasi perbatasan bersama mereka dalam upaya memerangi wabah virus corona. Tindakan tersebut memicu protes di kalangan yang terpisah dari anggota keluarga.

"Kami menyadari bahwa pembatasan perjalanan tidak boleh memisahkan orang-orang terkasih. Dalam masa-masa sulit ini, kami tahu tantangan-tantangan itu paling baik dihadapi dengan kekuatan dan dukungan dari mereka yang kita cintai berada di sisi kita," kata Menteri Imigrasi Marco Mendicino kepada wartawan.

Mulai 8 Oktober, Kanada akan mengizinkan masuk anggota keluarga besar tertentu dari warga negara Kanada dan penduduk tetap, termasuk mereka yang memiliki hubungan eksklusif setidaknya selama satu tahun.

Warga negara asing dapat masuk jika mereka menghadapi keadaan tertentu, seperti penyakit yang mengancam jiwa, cedera kritis, atau kematian.

Mulai 20 Oktober, siswa internasional yang diterima di universitas Kanada akan diizinkan masuk dengan langkah kesiapan COVID-19.

Sebelumnya, hanya siswa internasional yang memiliki izin studi sebelum 18 Maret dan yang melakukan perjalanan langsung dari Amerika Serikat yang diizinkan melintasi perbatasan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Penutupan perbatasan AS-Kanada diperpanjang sampai 21 Oktober

Baca juga: Kanada larang orang dengan gejala COVID-19 gunakan pesawat atau kereta

Baca juga: Vaksin COVID-19 untuk Kanada akan tiba awal 2021


 

Hingga 2021 Kemen PUPR akan bangun 11 kawasan perbatasan


Pewarta : Azis Kurmala
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar