59 pasien COVID-19 di Perumahan Nelayan Padang sembuh

id sembuh covid,padang

59 pasien COVID-19 di Perumahan Nelayan Padang sembuh

Pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh usai karantina di Perumahan Nelayan Pasie Nan Tigo Padang. (Antara/dok.pri)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 59 pasien COVID-19 yang dikarantina di Perumahan Nelayan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang dinyatakan sembuh.

"Dari 106 pasien yang dikarantina di Rumah Nelayan Pasie Nan Tigo, 59 telah sembuh," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani Hamid di Padang, Sabtu.

Menurutnya, pelayanan yang diberikan di tempat karantina Pasie Nan Tigo tidak seperti rumah sakit, namun sudah seperti di rumah sendiri.

"Setiap hari pasien melakukan olahraga dan gizi pasien juga dipenuhi dengan baik," ujarnya.

Baca juga: Positif COVID-19 di Padang bertambah 105 orang

Baca juga: 37 Karyawan BRI di Padang sembuh dari COVID-19


Untuk makanan pasien diberikan tiga kali sehari, termasuk buah-buahan disediakan, selain itu, setiap harinya pasien melakukan olahraga dan selalu dipandu.

"Bahkan di karantina Perumahan Nelayan, bagi ibu yang tengah menyusui tetap bisa memeras ASI melalui alat pemeras untuk kemudian nanti diberikan kepada anaknya," katanya.

Feri menuturkan dengan memberikan kenyamanan tempat karantina seperti di rumah sendiri, daya tahan tubuh pasien meningkat dan cepat sembuh dari COVID-19.

"Pengawasan di karantina Perumahan Nelayan melibatkan dua orang dokter, enam perawat, satu ahli gizi dan klinik, yang membantu mengevaluasi kondisi pasien setiap hari.

Kemudian, pemeriksaan rutin dilakukan sekali sehari dan klinik buka 24 jam. Sehingga pasien yang diisolasi ketika ada keluhan bisa datang ke klinik dan segera ditangani.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Padang hingga 2 Oktober 2020 dari 3.231 warga Padang yang terpapar COVID-19 sebanyak 1.937 dinyatakan sembuh.

Sementara dari sisa kasus sebanyak 1.188 kasus, 471 kasus diantaranya bergejala dengan kondisi 171 kasus dirawat, 300 kasus isolasi dan 717 kasus tanpa gejala dengan perincian 49 dirawat dan 668 kasus isolasi.

Feri mengingatkan agar terhindar dari COVID -19, warga harus selalu tetap ikuti protokol kesehatan dengan istilah tiga M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.*

Baca juga: 1.863 warga Padang telah sembuh dari COVID-19

Baca juga: Padang catatkan penambahan 115 kasus baru COVID-19

Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar