Timika (ANTARA) - Perwira-perwira tinggi dan jajaran Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI dan Satuan Tugas Pinang Sirih, Minggu, ikut menghadiri upacara Tabur Bunga di Dermaga Pelabuhan Pomako, Timika, Papua sebagai salah satu rangkaian acara peringatan HUT ke-75 TNI.

Hadir di antara mereka Panglima Komando Operasi Pinang Sirih, Brigadir Jenderal TNI Dwi Darmadi, Asisten Operasi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI, Brigadir Jenderal TNI Suswatyo, Asisten Teritorial Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI, Brigadir Jenderal TNI Dandang Kurniawan, dan Kepala Kelompok 1 Staf Ahli  Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI, Marsekal Pertama TNI Marsudi.

Juga ikut dalam tabur bunga itu Asisten Komunikasi Elektronik Satgas Pinang Sirih, Kolonel CHB M Anom Kartika, Asisten Operasi Satgas Pinang Sirih, Kolonel Infantri Eron, dan Asisten Administrasi dan Logistik Satgas Pinang Sirih, Kolonel CHB Musafag.

Juga Kepala Staf Brigade Infantri 20/3 Kostrad, Letnan Kolonel Infantri Asyraf Azis, Komandan Pangkalan TNI AL Timika, Letnan Kolonel Laut (P) Yadi Mulyadi, Komandan Pangkalan TNI AU YKU Timika, Letnan Kolonel Penerbang Anggit Wibowo, Komandan Satuan Radar 243/Timika, Letnan Kolonel Elektronika Adi Siswanto, dan Kepala Polres Mimika, l AKBP I Gusti Gede Era Adhinata, dan sejumlah perwira lain.

Mulyadi bertindak selaku inspektur upacara tabur bunga di dermaga Pelabuhan Pomako Timika itu.
 
Para perwira tinggi dan perwira menengah Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III TNI dan Satuan Tugas Pinang Ranti berfoto bersama seusai upacara tabur bunga memperingati HUT ke-75 TNI di dermaga Pelabuhan Pomako, Timika, Papua, Minggu. ANTARA/Evarianus Supar


"Tabur bunga merupakan salah satu rangkaian dalam memperingati HUT ke-75 TNI tahun 2020, sebagai wujud penghormatan kepada arwah para pejuang yang telah gugur mempertahankan kedaulatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata dia.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada generasi penerus untuk selalu mengenang perjuangan para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa dan NKRI. Melalui kegiatan ini diharapkan generasi penerus meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas untuk mengisi kemerdekaan ini,” kata dia.

Adapun puncak peringatan HUT ke-75 TNI di wilayah Timika pada Senin, 5 Oktober 2020 akan berlangsung di Markas Komando Brigade Infantri 20/3 Kostrad di Jalan Poros Timika-Mapurujaya, Mimika.

Guna menekan penyebaran pandemi Covid19, peringatan HUT ke-75 TNI tahun ini akan digelar secara virtual tanpa pengerahan pasukan dan atraksi kemampuan personel-personel TNI.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020